TUGAS KELOMPOK TOPOLOGI.docx

Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat

This preview shows page 2 - 5 out of 6 pages.

sangat cocok dalam hal pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah. II. Jenis Jenis Topologi Mesh Pada topologi mesh mempunyai dua jenis topologi mesh : Topologi Mesh Lengkap Dalam hal ini, seperti jala yang benar, setiap komponen terhubung ke setiap komponen lainnya. Bahkan setelah mempertimbangkan faktor redundansi dan biaya jaringan ini, keunggulan utamanya adalah bahwa lalu lintas jaringan dapat diarahkan ke node lain jika salah satu node turun. Topologi mesh penuh hanya digunakan untuk jaringan backbone . Topologi Mesh Partial Ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan topologi mesh penuh. Di sini, beberapa sistem yang terhubung dalam cara yang sama seperti dalam topologi mesh sementara beristirahat dari sistem yang hanya terhubung ke 1 atau 2 perangkat. Hal ini dapat dikatakan bahwa di mesh parsial, workstation adalah 'tidak langsung' terhubung ke perangkat lain. Yang satu ini lebih murah dan juga mengurangi redundansi. III.Kelebihan Topologi Mesh. Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja. Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya. Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
Image of page 2

Subscribe to view the full document.

Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer. Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance. Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih. Jalur pengiriman data yang digunakan sangat banyak, jadi tidak perlu khawatir akan adanya tabrakan data (collision). Besar bandwidth yang cukup lebar. IV.Kekurangan Topologi Mesh Biaya Instalasi Mahal karena Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port). Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada. Sulit melakukan instalasi dan konfigurasi, mengelola jaringan skala besar, karena setiap node harus dihubungkan dengan semua node yang ada dalam jaringan sehingga menghasilkan kompleksitas yang tinggi Biaya pemeliharaan jaringan mahal dan sering dilakukan Pada skala besar jaringan tidak fleksibel dan sulit upgrade sehingga sulit menambah node baru
Image of page 3
TOPOLOGI JARINGAN HYBRID I.Pengertian .
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

Image of page 5
  • Summer '18

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern