Dengan kata lain ciri rekening nominal adalah selalu mulai dari awal untuk

Dengan kata lain ciri rekening nominal adalah selalu

This preview shows page 3 - 5 out of 16 pages.

setiap akhir satu periode akuntansi. Dengan kata lain, ciri rekening nominal adalah selalu mulai dari awal untuk setiap periode akuntansi. 3. Catatan-catatan Akuntansi yang Di Perlukan Untuk dapat melaksanakan siklus akuntansi, setiap perusahaan, termasuk hotel. harus memiliki catatan-catatan akuntansi yang dapat dikelompokkan menjadi tiga. yaitu: 1) Bukti transaksi sebagai dokumen pendukung dalam membukukan setiap tranaksi. Contoh bukti transaksi misalnya nota pembelian daging ayam segar dari rekanan A untuk 5 Januari 2006. 2) Jurnal atau buku pencatatan awal ( book of original entry ): digunakan untuk mengklasifikasikan dan membukukan bukti transaksi butir (1) di atas. 3) Buku besar (ledge), untuk mencaat efek setiap transaksi pada setiap rekening aset, utang, dan modal. 4. Daftar Rekening Untuk Hotel Daftar rekening merupakan daftar isi aktivitas serta sumber daya yang digunakan untuk melakanakan aktivitas tersebut. Dalam menyusun daftar rekening, setiap rekening diberi kode dengan nomor dan jumlah angka tertentu. Biaanya jumlah angka untuk penyusunan daftar rekening terdiri dari tiga angka Berikut dibahas penomoran dan contoh daftar rekening untuk diterapkan di industri perhotelan. Perlu diingat bahwa contoh daftar rekening ini hanya merupakan panduan, yang bisa jadi tidak tepat benar untuk hotel tertentu serta dapat diubah sesuai dengan keperluan. Contoh daftar rekening untuk industri perhotelan diadaptasi dari Uniform System of Accouns for the Lodging Industry (USALI) Ninth Edition, terbitan The Educational Institute of the American Hotel & Mote Association 1996. Penomoran daftar rekening: Sebagai panduan dapat dipertimbangkan cara penomoran berikut: 1) 100-199: asset 2) 200-280: utang 201 9 3 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

3) 280-299: Modal 4) 300-399: Pendapatan 5) 400-499: Harga pokok dan biaya 6) 500-599: Gaji dan upah 7) 600-699: Biaya lain 8) 700-799: Beban tetap 5. Bentuk-bentuk Rekening Dalam praktik akuntansi, rekening memiliki beberapa bentuk (format) dari yang sederhana sampai yang lebih lengkap. Demikian pula format dengan komputer berbeda dengan yang dikerjakan secara manual. 1) Bentuk Rekening Dua Kolom Bentuk Rekening Dua Kolom, biasa juga disebut Taccount karena bentuknya sepert huruf T, paling lazim digunakan sebagai contoh dalam penjelasan transaksi di kelas akuntansi. Dengan bentuk T ini, rekening hanya terdiri dari dua kolom, yaitu debet di sebelah kiri dan kredit di sebelah kanan. Bila jumlah debet lebih besar daripada kredit maka saldonya adalah debet. Sebaliknya, bila jumlah kredit melampaui debet maka saldonya adalah saldo kredit. Kini, dengan perjalanan waktu, bentuk dua kolom sudah sangat jarang digunakan pada praktk akuntansi. Contoh rekening dua kolom Rekening: Kas Nomor Rekening: 100 Tgl Keterangan Ref Debet Tgl Keterangan Ref Kredit 2) Bentuk Rekening Tiga Kolom Bentuk rekening tga kolom kini juga lazim diterapkan karena dapat menangkap lebih banyak informasi, terutama mengenai saldo suatu rekening. Pada rekening tga kolom ini, debet tetap berada di sisi kiri dari kredit, dan atu kolom yang berada paling luar yang menunjukkan saldo rekening yang bersangkutan. Untuk rekening yang dikerjakan secara
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes