Organisasi sektor publik memerlukan para pemimpin perubahan yang mampu

Organisasi sektor publik memerlukan para pemimpin

This preview shows page 10 - 13 out of 71 pages.

kinerjanya, apabila para pemimpinnya berganti? Organisasi sektor publik memerlukan para pemimpin perubahan, yang mampu mendiagnosa perubahan lingkungan strategis eksternal, kondisi internal, dan langkah-langkah solusi inovatifnya untuk meningkatkan kinerjanya. Untuk menjamin prestasi atau kinerja yag telah dicapai tetap terpelihara bahkan lebih baik atau meningkat secara berkelanjutan (better performance and continous improvement) , organisasi (kementerian, lembaga, dan SKPD) harus terus-menerus mampu mempersiapkan/ menciptakan para pemimpin perubahan di semua tingkatan unit organisasinya, mulai dari para pemimpin tertinggi hingga para pemmpin pada tingkat bawah (administrator dan pengawas) dan juga para pelaksananya. Mempersiapkan para pemimpin berkualitas, yang disebut oleh Linda Holbeche sebagai growing leadership merupakan salah satu ciri dari organisasi berkinerja tinggi.
Image of page 10
5 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Pemimpin perubahan yang berpengalaman karena sering melakukan perubahan atau perbaikan kinerja, akan memiliki pengalaman yang kuat, yang menjadi tacit knowledge dalam dirinya. Jika sudah terbukti dan teruji sebagai pemimpin perubahan, maka tidak berlebihan jika dia disebut sebagai ahli perubahan, artinya dimanapun dia ditempatkan, maka dia akan selalu melakukan perubahan, perbaikan, better performance , continous improvement menuju organisasi berkinerja tinggi. Ciri utama dari para pemimpin hebat seperti ini adalah kemampuan mendeteksi atau mendiagnosa secara cepat dan tepat permasalahan yang ada dalam organisasinya dan mampu merumuskan langkah-langkah perbaikannya, dengan menggerakkan para staf dan stakeholders terkait. Kemampuan mendiagnosa tersebut merupakan kemampuan melakukan diagnosa organisasi yaitu membaca dan menganalisa penyakit organisasi atau birokrasi (bureaupathology) dan menemukan solusinya. Idealnya, membangun kompetensi ini dilakukan sedini mungkin. Kompetensi mendiagnosa organisasi harus dimulai sejak unit organisasi tingkat bawah, para Pelaksana dan Pengawas atau bahkan kepada para staf yang memiliki potensi untuk menduduki jabatan Pengawas. Diharapkan, kompetensi ini akan terus terasah hingga dia menduki jabatan- jabatan yang lebih tinggi. Diagnosa Organisasi merupakan salah satu mata pelatihan dalam Agenda Kepemimpinan Pelayanan pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dengan waktu pembelajaran yang relatif cukup. Berikut ini beberapa pertimbangan mengapa mata pelatihan Diagnosa Organiasi menjadi bagian dari kurikulum PKP. 1. Alasan Penulisan Modul Pejabat Pengawas merupakan pemimpin pada tingkat bawah di instansi pemerintah, yang diberi tanggung jawab untuk mengendalikan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh para yang berada di bawahnya, sedangkan para pelaksana bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pelayanan publik
Image of page 11
6 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas serta administrasi pemerintahan dan pembangunan (Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara). Pelayanan publik di semua bidang di lingkungan kementerian/lembaga dan SKPD hingga saat ini
Image of page 12
Image of page 13

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 71 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors