3 vestibular pada saat menaiki ayunan althair dapat

This preview shows page 1 - 2 out of 5 pages.

3. Vestibular
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Pada saat menaiki ayunan, Althair dapat mengayunkan ayunannya yang berbetuk silinder dengan posisi berdiri dalam waktu yang cukup lama. Saat menaiki dan berjalan di papan titian, Althair dapat melewatinya tanpa berpegangan dan cukup stabil dalam mempertahankan keseimbangannya. Namun Althair masih cenderung bergerak dengan terburu-buru/ tergesa-gesa sehingga kemampuan althair dalam mempertahankan vestibularnya belum dapat dilakukan secara maksimal. Saat terapis mempersiapkan media aktivitas yang akan dimainkan, Althair tampak sering menuju ke sebuah perosotan atau ke sebuah trampoline dan beberapa kali meluncur dari perosotan tersebut atau melompat-lompat ke trampoline. Dari aktivitas di atas dapat menunjukkan bahwa ada sebuah ketertarikan atau terdapat karakteristik seeking dari anak terhadap sensorik vestibular. Pada saat Althair diminta untuk menaiki rocking board atau papan balance, Althair awalnya tampak ketakutan dan berkata tidak bisa. Namun setelah dibantu dan diarahkan terapis, althair ahirnya mau untuk mencoba menaiki rocking board tersebut dengan berpegangan tangan dengan terapis. Namun setelah beberapa menit, Althair dicoba untuk dilepas genggaman tangannya dan melakukan aktivitas lempar bola. Pada hal ini terlihat jika anak mampu meregulasi sensorik vestibularnya dengan baik. 4. Gross Motorik Secara umum atau keseluruhan dari koordinasi motorik kasar sudah cukup baik. Pada saat Althair diminta untuk berjalan dan melompat pada pijakan yang tidak stabil yaitu pada bantal-bantal besar, Althair mampu untuk berjalan dan melompat dengan baik dan dapat menjaga atau mempertahankan postur tubuhnya dengan baik agar tidak terjatuh. Pada saat anak diminta untuk menaiki tangga monkey bar, Althair mampu untuk menaiki tangga satu per satu serta juga dapat menahan postur tubuhnya untuk bisa menjangkau kartu-kartu yang menempel di dinding bagian atas. Pada saat anak diminta untuk menaiki papan titian, anak dapat melakukannya dengan baik dan dapat menjaga postur serta balansnya. Pada saat diminta untuk menaiki rocking board sambil diberikan aktivitas lempar tangkap bola, Althair juga mampu untuk mempertahankan postur tubuhnya dan anggota gerak bagian bawah dalam mempertahankan balance tubuh. Anggota gerak bagian
Image of page 2
You've reached the end of this preview.
  • Spring '16
  • Alfonsius Beosay

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern