Peserta mampu menjelaskan teknik teknik pengendalian dan teknik teknik

Peserta mampu menjelaskan teknik teknik pengendalian

This preview shows page 82 - 85 out of 115 pages.

Peserta mampu menjelaskan teknik-teknik pengendalian dan teknik-teknik pengendalian yang relevan dengan pelaksanaan tugas peserta di instansinya. B. Uraian dan Contoh 1. Pengertian Pengendalian, Teknik Pengendalian dan Tujuannya. Pengendalian (Controlling) merupakan salah satu fungsi penting manajemen yang harus dilakukan oleh semua pimpinan untuk mencapai tujuan organisasinya. Berikut beberapa pengertian pengendalian sebagai berikut: a) Earl P. Strong: pengendalian adalah proses pengaturan berbagai factor dalam suatu perusahaan, agar pelaksanaannya sesuai dengan ketetapan ketetapan dalam rencana. b) Harold Koonz: pengendalian adalah pengukuran dan perbaikan terhadap pelaksanaan kerja bawahan, agar rencana rencana yang telah di buat untuk mencapai tujuan perusahaan. c) R Terry: pengendalian dapat di definisikan sebagai proses penentuan, apa yang harus dicapai yaitu standar, apa yang sedang di lakukan yaitu pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan apabila perlu melakukan perbaikan perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana yaitu selaras dengan standar. Semua pengertian pengendalian tersebut mengandung satu tujuan yaitu agar pelaksanaan kegiatan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang diharapkan. Tentunya “kesesuaian dan
Image of page 82
76 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas capai an tujuan tersebut” memiliki tingkatan, derajat atau bobot, misalnya: sangat baik, baik, cukup dan kurang atau buruk. Dalam konteks manajemen mutu, pengendalian dimaksudkan agar proses pelaksanaan sesuai rencana untuk mencapai tujuan dengan tingkatan mutu/kualitas yang tinggi (idealnya, misalnya: mutunya sangat baik, tinggi, memuaskan). Kegiatan dan tujuan pengendalian tidak lepas dari masalah mutu/kualitas dan tingkatan mutu, yaitu untuk memastikan bahwa kualitas pelaksanaan program/ kegiatan, tujuan dan sasaran yang dicapai sekurang-kurangnya sama bobot atau tingkatkan mutunya dengan yang direncanakan, atau bahkan dapat lebih bermutu dari yang direncanakan. Karena itu, terminologi pengendalian dapat digunakan bergantian dengan terminologi pengendalian mutu, dan teknik pengendalian dengan teknik pengendalian atau kendali mutu. Secara rinci, tujuan pengendalian atau pengendalian mutu, antara lain: a) Agar proses pelaksanaan dilakukan sesuai rencana; b) Melakukan tindak perbaikan (corrective), jika terdapat penyimpangan dari rencana, hal-hal yang tidak diduga; c) Agar tujuan yang dihasilkan sesuai dengan rencana; Pelaksanaan pengendalian memerlukan cara atau teknik yang tepat. Arti teknis sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah metode, cara atau sistem mengerjakan sesuatu. Dengan demikian teknik pengendalian adalah metode atau cara melakukan pengendalian. Metode atau cara tersebut digunakan agar tujuan pengendalian dapat tercapai, yaitu mutu pelaksanaan yang tinggi dan mutu hasil kerja yang tinggi. 2. Pengelompokkan Teknik Pengendalian Ada banyak teknik pengendalian atau teknik kendali mutu, dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Image of page 83
77 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas a) Pertama, berdasarkan masa atau perkembangan teknik pengendalian, yaitu: 1) Teknik Pengendalian Tradisional: (a).
Image of page 84
Image of page 85

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 115 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors