Efektivitas kebijakan dividen untuk memitigasi

This preview shows page 7 - 8 out of 17 pages.

Efektivitas kebijakan dividen untuk memitigasi masalah agensi antara pemegang saham mayoritas dan pemegang saham minoritas juga dapat dilihat dari pengaruh kebijakan tersebut terhadap profitabilitas perusahaan. Juga, ketika masalah peluang terjadinya konflik agensi menjadi lebih besar di perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi tinggi, dampak dari Kebijakan dividen tersebut terhadap profitabilitas perusahaan diharapkan akan lebih besar dibandingkan dengan dampak pada perusahaan dengan struktur konsentrasi kepemilikan yang rendah. Proposisi ini diterjemahkan ke dalam hipotesis berikut: H1c: Kebijakan Dividen memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan (ROE). Hld: Dampak positif dari kebijakan dividen terhadap kinerja (ROE) lebih besar di perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi tinggi daripada di perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi rendah.
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

KEBIJAKAN HUTANG SEBAGAI MEKAJEMEN TATA KELOLA PERUSAHAAN Dengan cara yang sangat mirip dengan kebijakan dividen, kebijakan utang dapat berfungsi sebagai mekanisme corporate govemance untuk mengurangi konflik keagenan (Jensen & Meckling 19761'Faccio et al. 2001) karena kebijakan peningkatan hutang, mendorong perusahaan untuk menggunakan uang tunai lebih efisien, sesuai dengan fungsi uang tunai yang diperlukan untuk membayar hutang dan beban bunga secara berkala. Sesuai dengan proposisi “hipotesis pengendalian”, Faccio et.al (2001); Jensen 1986; Jensen & Meckling 1976; Sarkar & Sarkar (2008) yang berpendapat bahwa sejak itu hutang menghasilkan pemantauan pihak eksternal, mayoritas pemegang saham (melalui manajemen) harus membuat keputusan pada sumber daya perusahaan yang memastikan perusahaan mencapai kinerja terbaiknya. Hal ini terjadi karena dengan penggunaan utang, menggeser peran pemantauan manajemen dari pemegang saham kepada kreditor. Namun, manfaat utang tidak monoton, ketika kondisi utang berlebihan, akan meningkatkan kewajiban perusahaan untuk membayar biaya bunga, ketika gagal atau gagal bayar secara keuangan dan mungkin mengalami kebangkrutan. Berkaitan dengan implikasi kebijakan hutang pada perusahaan dengan berbagai tingkat konflik keagenan karena tingkat konsentrasi kepemilikan yang berbeda-beda, itu juga berlaku dalam kebijakan deviden yang sama Karena perusahaan dengan struktur kepemilikan konsentrasi tinggi lebih cenderung memiliki konflik keagenan yang lebih besar, karena itu penggunaan utang memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja perusahaan di perusahaan daripada untuk perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi rendah (Dewenter & Warther 1998, Gugler & Yortuglu, 2000). Argumen ini membawa kita ke yang Hipotesis kedua : H2a: Pasar bereaksi positif terhadap pengumuman penerbitan obligasi. H2b: Pasar bereaksi lebih positif terhadap pengumuman penerbitan obligasi oleh perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi tinggi daripada oleh perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi rendah.
Image of page 8
You've reached the end of this preview.
  • Fall '19
  • Bambang Tjahjadi

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern