Memindahkan jurnal penutupo kea kun buku besar member

This preview shows page 11 - 13 out of 23 pages.

Memindahkan jurnal penutupo kea kun buku besar Member garis dua pada akhir baris akun nominal yang berarti akun tersebut telah ditutup dan tidak berlaku lagi untuk tahun berikutnya f) Neraca Saldo Setelah Penutupan Setelah semua akun nominal ditutup dan dipindahkan ke akun modal pemilik maka langkah berikutnya dari siklus akuntansi, yaitu menyusun neraca saldo setelah penutupan (after closing trial balance). Tujuan penyusunan neraca saldo setelah penutupan (after closing trial balance), yaitu untuk meyakinkan bahwa keseimbangan posisi keuangan tetap terjaga. Hal ini berguna untuk memulai siklus akuntansi pada periode akuntansi berikutnya. Cara penyusunan neraca saldo setelah penutupan sama dengan neraca saldo biasa, hanya yang dicantumkan di dalamnya ialah akun-akun yang termasuk akun riil. Berikut ini contoh neraca saldo setelah penutupan untuk kasus Eva Salon. g) Jurnal Pembalik Jurnal pembalik berisi tentang berbagai biaya yang mempengaruhi rugi laba yang saldonya di kembalikan karena masih ada sisa dalam biaya tersebut. Contohnya Beban Sewa di bayar di muka dan beban perlengkapan yang telah di tutup tetapi kenyataannya masih ada perlengkapan yang tersisa. Jurnal balik adalah jurnal yang dibuat pada awal periode sebagai kebalikan dari sebagian jurnal penyesuaian pada akhir periode sebelumnya. Jurnal ini bersifat opsional namun jika dilakukan memberikan manfaat. Tidak semua ayat jurnal penyesuaian dilakukan reversing entries. Jurnal penyesuian yang dibalik adalah: 1. Hutang biaya 2. Piutang Pendapatan 3. Pendapatan Diterima Dimuka jika digunakan pendekatan pendapatan
Image of page 11

Subscribe to view the full document.

4. Biaya Dibayar Dimuka jika digunakan pendekatan beban (biaya) Untuk memudahkan pemahaman, berikut ini disajikan ikhtisarnya saja sebagai berikut: No. Jenis AJP Ayat Jurnal Penyesuaian Jurnal Balik 1. Hutang Biaya Biaya Gaji Hutang Gaji 10 0 10 0 Hutang Gaji Biaya Gaji 10 0 100 2. Piutang Bunga Piutang Bunga Pendapatan Bunga 15 0 15 0 Pendapatan Bunga Piutang Bunga 15 0 150 3. Pendapatan Diterima Dimuka Pendapatan Tiket Pendapatan Tiket DD 20 0 20 0 Pendapatan Tiket DD Pendapatan Tiket 20 0 200 4. Biaya Dibayar Dimuka Sewa Dibayar Dimuka Beban Sewa 90 0 90 0 Beban Sewa Sewa Dibayar Dimuka 90 0 900 IV. TAHAP PELAPORAN a) Laporan Laba/Rugi laporan laba rugi adalah laporan yang merupakan bagian dari laporan keuangan yang memuat informasi mengenai hasil operasi perusahaan, baik itu pendapatan dan pengeluaran selama peride tertentu. Laporan laba-rugi ini cukup penting keberadaannya, karena laporan ini dapat dijadikan alat untuk memprediksi arus kas dimasa mendatang, banyak pemekai laporan keuangan yang memakai laporan laba-rugi ini untuk memprediksi arus kas masa depan, seperti para investor dan kreditor. para investor dan kreditor perlu untuk memprediksi arus kas perusahaan masa depan sebelum mereka menyuntikkan dana mereka ke perusahaan tesebut, tentu saja para investor dan kreditor tidak mau menyuntikkan dana kepada perusahaan yang mereka nilai arus kas atau kenerjanya jelek dan mengandung resiko yang terlalu besar.
Image of page 12
Image of page 13
  • Spring '16

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern