Table 414 analisa tatanan massa bangunan arsitektur

This preview shows page 33 - 35 out of 54 pages.

Table 4.14. Analisa tatanan massa bangunan Arsitektur Jawa Arsitektur Hindu Masjid Sulthoni Plosokuning Konsep Monca Pat Konsep mandala dan axis mundi Memiliki prinsip peletakan pada pusat tapak, serta memiliki tatanan denah yang simetris terkait dengan fungsi sebagai tempat ibadah. 4.7. Sosok bangunan Bangunan masjid ini memiliki sosok yang mudah dikenali dari kejauhan akibat paduraksanya yang khas dan atapnya yang bersusun. Masjid ini juga memiliki sosok yang ringan karena pada bagian tampak terlihat serambi yang terbuka dan memperlihatkan kolom-kolom yang berdiri. Secara keseluruhan karakteristik masjid Sulthoni Plosokuning memiliki sosok yang dominan elemen garis dan volumenya. Tabel 4.15. Foto tampak depan dan sosok bangunan masjid Gambar 4.17. Tampak depan bangunan masjid Gambar 4.18. Sosok pada bangunan masjid Konsep Monca-Pat yang diterapkan pada gaya arsitektur Jawa, berpengaruh pada sosok bangunan. Bagian tengah yang berfungsi sebagai ruang sakral untuk penyembahan memiliki ekspresi vertikal yang melambangkan gunung suci Mahameru sebagai tegangan antar manusia dan dewanya. Keistimewaan dan kesakralan ruang tengah pada bangunan dengan gaya arsitektur Jawa, menyebabkan struktur atap juga dimulai dari ruang tengah. Struktur penopang atap pada rumah Jawa juga terdapat pada bagian tengah bangunan.
Image of page 33

Subscribe to view the full document.

29 Struktur penopang ini berupa kolom kolom kayu yang dikenal dengan nama soko-guru, yang kemudian diteruskan ke pondasi bangunan yang berbentuk umpak (pondasi setempat yang terbuat dari batu berbentuk trapesium), dengan umpak melambangkan manusia yang berada di atas permukaan bumi (Fauzy, 2013). Secara fisik, hal ini memengaruhi sosok bangunan dimana ruang yang memiliki fungsi sakral dinaungi oleh atap dengan bentuk menjulang. Dari bentuk dan posisinya dapat dilihat bahwa ruang ini memiliki hirarki yang paling tinggi dari keseluhuan bangunan. Konsep Monca-Pat pada gaya arsitektur Jawa dipengaruhi oleh konsep Axis- Mundi pada gaya arsitektur Hindu. Dalam Hinduisme, alam dibagi menjaadi tiga unsur kosmis yaitu Bhurloka (dunia bawah), Bhuvarloka (dunia tengah) dan Swahloka (dunia atas). Axis-Mundi merupakan tiang penghubung dari ketiga alam tersebut. Secara wujud denah, pada kuil Hindu, Axis-Mundi diletakkan pada ruang utama kuil yang dinamakan Garbagriha atau ‘rahim’. Bangunan masjid memiliki bentuk atap yang menjulang pada ruang shalat utama yang berada di tengah-tengah masjid, dimana atap ini memiliki hirarki yang lebih tinggi dibanding atap pada ruang-ruang lainnya. Penggunaan konsep Monca-Pat pada bangunan masjid ini dinilai lebih kuat, penggunaan struktur soko guru yang terdapat di tengah ruang shalat utama, serta tidak ditemukanya wujud ‘atman’ dalam bentuk apapun d i dalam ruang utama masjid ini.
Image of page 34
Image of page 35
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes