Disamping itu terdapat pula pos dana desa yang baru

This preview shows page 8 - 11 out of 58 pages.

Disamping itu, terdapat pula pos Dana Desa yang baru muncul pada tahun 2015 sebagai program baru pemerintah. Pengeluaran pada pos ini tidaklah sedikit. Untuk itu, pengawasan terhadap program Dana Desa ini perlu mendapat perhatian lebih. Adanya jenjang yang lebih panjang dalam aliran Dana Desa ini meningkatkan risiko korupsi atau penyelewengan dana tersebut. Disamping perlu juga dipastikan bahwa penggunaan dana yang diserahkan pada level terkecil masyarakat ini memang efisien. Mengingat gagasan awal program ini adalah bahwa level terkecil masyarakat tersebut lebih mengetahui kebutuhan masyarakat di daerahnya. Sehingga, program ini bisa benar-benar meningkatkan kesejahteraan di seluruh lapisan masyarakat bukan hanya daerah-daerah tertentu dalam jangkauan pemerintah pusat.
Image of page 8

Subscribe to view the full document.

Sebagai respon dari bertambahnya kenaikan defisit anggaran pada tahun 2015 pada kisaran 30%, pemerintah harus mencari skema pembiayaan untuk mendanai defisit tersebut agar dapat menjaga keseimbangan fiskal dalam negeri. Nampak dalam hasil perbandingan tersebut, kenaikan total pembiayaan mencapau 29,82%, lebih besar dari tahun sebelunya yang pada tahun 2014 hanya mencapai 4,84%, namun masih lebih kecil dibandingkan kenaikan sebelum tahun 2014 yang selalu lebih dari 30%. Meskipun demikian, kenaikan pembiayaan pada tahun 2015 ini dapat dikatakan baik, mengingat sebelum tahun 2014, defisit anggaran juga lebih besar. Pada tahun 2012, selisih defisit anggaran bahkan mencapai (81,64%). Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran pada tahun 2015 sebesar 10,87%. Dari hasil perbandingan di atas, nampak bahwa skema pembiayaan yang diajukan pemerintah pada tahun 2015 adalah lebih memprioritaskan sumber pembiayaan dalam negeri dibandingkan dengan sumber pembiayaan luar negeri. Pada tahun 2015, pembiayaan dalam negeri naik hingga 17,84% sebaliknya pembiayaan luar negeri turun cukup signifikan hingga mencapai (223,46%). Kenaikan pembiayaan dalam negeri utama nya berasal dari pos Penyertaan Modal Negara yang pada tahun 2015 mampu mengalami kenaikan hingga mencapai 569,34%. Kenaikan ini luar biasa fantastis jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya pos pembiayaan dalam negeri mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Meski demikian, pembiayaan ini dapat merupakan suntikan yang tepat jika melihat kembali pada perbandingan Pendapatan Negara dan Hibah utamanya menurun pada pos Bagian Pemerintah atas laba BUMN dan Pos Penerimaan BLU. Pos Bagian Pemerintah atas Laba BUMN pada tahun 2015 anjlok hingga mencapai negatif (6,62%) padahal pada tahun
Image of page 9
sebelumnya terus mengalami kenaikan. Oleh karenanya, pembiyaan jenis ini merupakan langkah tepat untuk dapat menjaga kewarasan BUMN di tanah air. 2. Neraca Pada pos Aset Lancar di Neraca, Kas dan Setara Kas mengalami kenaikan hingga 21,25%, meneruskan tren kenaikan tahun sebelumnya. Meskipun dalam komponennya, beberapa pos mengalami penurunan seperti pos Rekening Pemerintah Lainnya (44,99%), pos Rekening Kas di KPPN (21,43%), dan Kas pada BLU (1,45%). Namun demikian, penurunan ini dapat di-trade off oleh komponen lainnya utamanya pada pos Kas Lainnya dan Setara Kas yang mengalami kenaikan hingga mencapai 87,39%.
Image of page 10

Subscribe to view the full document.

Image of page 11
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes