MANAJEMEN
pra skripsi acc - Copy.docx

213 stres kerja 2121 pengertian stres kerja menurut

Info icon This preview shows pages 29–32. Sign up to view the full content.

2.1.3. Stres Kerja 2.1.2.1. Pengertian Stres Kerja Menurut Mangkunegara (2009) stres kerja adalah perasaan tertekan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaan. Stres kerja tampak dari symptom, antara lain emosi tidak stabil, perasaan tidak tenang, suka menyendiri, sulit tidur, merokok yang berlebihan, tidak bisa rileks, cemas, tegang, gugup, tekanan darah, meningkat, dan mengalami gangguan pencernaan. Menurut Handoko (2008) stres merupakan suatu keadaan atau kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Maka stres kerja dapat diartikan sebagai persepsi responden terhadap berbagai kondisi yang berkaitan dengan pekerjaan maupun kondisi pribadi karyawan. Hariyono, dkk (2009) mengemukakan bahwa stres merupakan suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seseorang. Berdasarkan pendapat tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa stres kerja merupakan suatu proses yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi dan mengganggu seseorang dalam pekerjaannya. Jadi
Image of page 29

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

18 stres dapat dikelola atau dikurangi dengan aktif dalam kegiatan organisasi atau perusahaan. 2.1.2.2. Penyebab Stres Kerja Stress biasanya terlihat pada dampak yang ditimbulkan terhadap seseorang dibanding apa penyebab stress itu sendiri. Stress dapat berarti bermacam-macam. Masyarakat awam menggambarkan stress sebagai suatu perasaan tertekan, gelisah, atau khawatir terhadap sesuatu yang mengganggu pikiran seseorang. National Institute for Occupational Safety and Health mendefinisikan Stress kerja sebagai emosi serta reaksi fisik seseorang yang muncul untuk memenuhi tuntutan kerja yang tidak sesuai dengan keahlian, keinginan, dan sumber daya yang dimiliki oleh seseorang. Hal yang sama dikemukakan oleh Ivancevich, Konopaske, dan Matteson (2005) bahwa stress merupakan suatu respon adiktif yang dimoderasi oleh perbedaan individu, yang merupakan konsekuensi dari setiap tindakan , situasi, maupun peristiwa yang memberikan tuntutan khusus terhadap seseorang. Menurut Cooper dan Marshal (2003:22) penyebab stres kerja yang terkait dengan pekerjaan ada enam kategori : 1. Faktor-faktor Instrinsik dalam Pekerjaan a. Kondisi Kerja Lingkungan fisik pekerjaan tercakup dalam kondisi kerja yang tanpa variasi dan tidak nyaman akan menyebabkan penurunan kesehatan fisik.
Image of page 30
19 b. Beban Kerja Beban kerja dapat dikategorikan sebagai beban kerja kuantitatif yaitu beban kerja yang disebabkan oleh terlalunyapekerjaan yang harus dikerjakan. Sedangkan beban kerja kualitatif yaitu beban kerja yang disebabkan sulitnya mengerjakan sebuah pekerjaan. 2. Peran Organiasasi Peran dalam organisasi akan terus terjadi disesuaikan dengan lingkungan organisasi, terutama dalam lingkungan yang kompleks dan dinamis seperti saat ini. Sehingga dapat mengakibatkan munculnya peran akan kurang jelasnya informasi.
Image of page 31

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Image of page 32
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Fall '15

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern