Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan langkah langkah penghematan

Menko perekonomian hatta rajasa menyampaikan langkah

This preview shows page 14 - 17 out of 34 pages.

mencapai Rp 347,2 triliun. Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan langkah- langkah penghematan anggaran sehingga APBN-P 2012 dihemat Rp 70 triliun untuk cadangan pembengkakan subsidi BBM jika tak terjadi kenaikan harga BBM bersubsidi pada tahun ini. Tampak jelas arah fundamental tata kelola anggaran negara kita pasca- kealotan pengambilan keputusan APBN-P 2012 yang berpusat pada pengurangan subsidi BBM. Keputusan hasil voting Sabtu dini hari, 31 Maret 2012, itu, pemerintah diberi kewenangan mengubah harga BBM jika harga minyak mentah Indonesia naik atau turun rata-rata 15 persen dalam enam bulan. Rencana menaikkan harga BBM pada 1 April dibatalkan dan jumlah subsidi energi menjadi Rp 225 triliun (BBM Rp 137 triliun, listrik Rp 65 triliun, dan cadangan risiko fiskal Rp 23 triliun). Praktis dalam lima tahun terakhir alokasi anggaran untuk aneka subsidi terus meningkat n o m i n a l n y a a t a u p un p e r s e n t a s e n y a t e r h a d a p A P B N d a n P D B . P o r s i t e r b e s a r n y a un t u k subsidi BBM dan listrik. Sebagai orang yang lama terlibat dalam pengelolaan anggaran negara, saya melihat kecenderungan ini dengan sangat prihatin. Sejak RI merdeka, belum pernah ada pemerintahan yang mengalokasikan subsidi dengan besaran seperti ini, bahkan di era Bung Karno ketika Indonesia menganut sosialisme Indonesia ” dan kondisi sosial ekonomi rakyat berada jauh di belakang kondisi hari ini. Sangat disayangkan, tak cukup ruang publik yang bisa jernih membahas gejala ini. Daya Sintas Subsidi, suatu kebijakan afirmatif untuk memberi daya sintas kepada rakyat yang membutuhkan, seharusnya bersifat sementara. Tidak boleh jadi sistem yang menetap dan berkembang. Pada situasi darurat karena krisis ekonomi global seperti pada 2008, masih dapat dimengerti jika disediakan subsidi Rp 275,3 triliun guna merangsang kegiatan ekonomi. Kekhawatiran bakal menurunnya popularitas partai dan tokoh politik jika mengurangi subsidi guna memperbesar ruang fiskal tidaklah beralasan.
Image of page 14
Obama terpilih menjadi Presiden AS dengan mengusung program menaikkan pajak guna membiayai asuransi kesehatan rakyat. Keberpihakan kepada rakyat tak bisa diukur dari besarnya subsidi saja. Jika pola pikir yang ada diteruskan, APBN akan kehilangan nilai strategisnya sebagai motor pembangunan nasional.
Image of page 15
Keberhasilan pemerintah bukan diukur dari peningkatan subsidi. Peningkatan subsidi justru bisa berarti kegagalan pemerintah menyejahterakan rakyat. Dalam situasi normal, seharusnya jumlah subsidi secara bertahap menurun karena rakyat semakin sejahtera. Aneka subsidi yang telah menyedot ratusan triliun rupiah harus diluruskan agar dapat maksimal memberdayakan rakyat guna mewujudkan tujuan negara memajukan kesejahteraan umum ”. Potensi rakyat perlu dikembangkan. Jika salah penanganan, yang terjadi ialah mengembangkan karakter ketergantungan yang berkelanjutan yang akhirnya tak terpikul oleh negara. Lihatlah contoh keruntuhan negara komunis: negara terbebani sangat berat dan inisiatif rakyat mengembangkan kemakmuran bagi dirinya tak berkembang.
Image of page 16
Image of page 17

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 34 pages?

  • Fall '18
  • pak mujid

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes