Pelaporan deskripsi aset biologis pengakuan dan

  • No School
  • AA 1
  • 14

This preview shows page 7 - 10 out of 14 pages.

pelaporan, deskripsi aset biologis, pengakuan dan pengukuran aset biologis, pengakuan nilai wajar, dan government grants . Dari kelima indikator tersebut ditarik kesimpulan sebagai berikut: Tabel 1 Analisis Perbandingan Perlakuan Akuntansi Aset Biologis Antara PT Sampoerna Agro dan PT Dharma Satya Nusantara Tbk No Indikator PT Sampoerna Agro PT Dharma Satya Nusantara Analisis 1. Ruang lingkup pelaporan Tidak hanya mengatur dan mengungkapkan aset biologis saja, tetapi juga sampai menjadi produk jadi. Produk yang sampai pada titik panen adalah produk sawit berupa CPO dan inti sawit. Aset biologisnya tidak hanya diatur sampai titik panen saja, namun sampai menjadi produk agrikultur yang dapat dikonsumsi. Transformasi produk agrikultur tidak dijabarkan secara jelas dalam laporan keuangan, sehingga sulit untuk melihat nilai dari masing- masingnya. Keduanya memiliki ruang lingkup pelaporan aset biologis yang hampir sama. Mulai dari pengakuan aset biologis hingga menjadi persediaan.
Image of page 7
8 2. Deskripsi tentang aset biologis Tanaman perkebunan merupakan tanaman kelapa sawit dan karet yang diklasifikasikan ke dalam tanaman belum menghasilkan dan tanaman menghasilkan. Hutan tanaman industri Dicatat untuk mengakui tanaman sagu dan karet yang diklasifikasi ke dalam hutan tanaman industri dalam pengembangan dan hutan tanaman industri siap panen. Tanaman perkebunan hanya berupa kelapa sawit yang diklasifikasi ke dalam tanaman belum mengahasilkan dan tanaman menghasilkan. Selain itu juga dijabarkan bersarkan lokasi area. Hutan tanaman industri Dicatat untuk mengakui tanman pengahasil kayu yang diklasifikasi ke dalam hutan tanaman industri dalam pengembangan dan hutan tanaman industri. Tanaman perkebunan Keduanya sama-sama mengakuinya sebagai tanaman perkebunan yang diklasifikasikan ke dalam tanaman belum menghasilkan dan tanaman menghasilkan. Namun PT Dharma Satya Nusantara juga menjabarkannya berdasarkan lokasi area. Hutan tanaman industri Keduanya mencatat hutan tanaman industri untuk jenis tanaman yang berbeda. Namun klasifikasinya tidak jauh berbeda. 3. Pengakuan dan pengukuran aset biologis Tanaman perkebunan Tanaman belum menghasilkan (TBM) dinilai sebagai tanaman yang belum mampu berproduksi dan masih dalam pengembangan. TBM diakui sebesar harga Tanaman perkebunan TBM diakui sebesar harga perolehannya yang di dapat dari kapitalisasi biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan Tanaman perkebunan Keduanya sama-sama mencatat tanaman perkebunannya dalam TBM dan TM, namun yang membedakan adalah pengukuran usia tanaman yang ditentukan oleh
Image of page 8
9 perolehan yang merupakan kapitalisasi biaya langsung dan biaya tidak langsung yang berkaitan dengan pengembangan TBM. Tanaman kelapa sawit memasuki masa produktif selama 4 tahun dan karet selama 5-6 tahun yang kemudian di reklasifikasi ke dalam tanaman menghasilkan (TM).
Image of page 9
Image of page 10

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 14 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes