Dengan demikian dalam usaha jasa makanan dan minuman yang perlu diperhatikan

Dengan demikian dalam usaha jasa makanan dan minuman

This preview shows page 16 - 19 out of 30 pages.

Dengan demikian dalam usaha jasa makanan dan minuman yang perlu diperhatikan bukan hanya biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan bahan baku dan membayar gaji pegawai yang langsung membuat produk, tetapi juga biaya lainnya. Dengan demikian untuk menentukan harga jual produk yang perlu menjadi bahan pertimbangan juga adalah biaya diluar biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung, biaya tidak langsung atau biaya overhead pabrik. 2.1.5.5. Penjualan Produk Makanan Dan Minuman Kegiatan menjual produk jadi kepada konsumen merupakan salah satu kewajiban bagi pengelola perusahaan, khususnya bagian penjualan. Walaupun demikian dalam perusahaan jasa makanan dan minuman setiap pegawai harus memiliki jiwa menjual. Transaksi penjualan produk akan mendapatkan pemasukan berupa uang tunai atau berupa piutang usaha. Menurut Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 2007 : 24) mendefinisikan pendapatan dan beban adalah sebagai berikut:
Image of page 16
30 “Pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktrivitas normal perusahaan apabila arus masuk mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak timbul dari kontribusi penanaman modal”. “Beban adalah penurunan manfaat ekonomis selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan pembagian kepada penanam modal”. Untuk perusahaan jasa makanan dan minuman yang dijual tidak hanya produk makanan dan minuman saja tetapi ada produk jasa berupa pelayanan yang mesti dijual kepada konsumen. a. Penjualan Kotor Dalam memasarkan produk dan jasanya perusahaan dituntut mampu membuat program yang menjadi daya tarik bagi para konsumen supaya mereka mau membeli produk dan jasa yang ditawarkannya. Program promosi yang umum ditawarkan adalah potongan harga ( sales discount ), atau adanya pengurangan harga karena pertimbangan tertentu, misalnya konsumen yang membayar utangnya sebelum jatuh tempo diberikan potongan harga. Konsumen yang menjadi pelanggan setia mendapatkan potongan harga, atau spesial promo membeli satu produk mendapat dua produk ( buy one get one free ), dan lain-lain. Penjualan sebelum dikurangi pengurangan penjualan dan potongan penjualan adalah merupakan penjualan kotor. Untuk
Image of page 17
31 memperhitungkan laba operasi harus diperoleh total penjualan bersih terlebih dahulu. b. Penjualan Bersih Karena adanya kebijakan dalam strategi memasarkan produk dan jasa seperti tersebut di atas, maka total penjualan harus dikurangi potongan penjualan, sehingga diperoleh penjualan bersih. Untuk mendapatkan laba operasi sebelum pajak yaitu penjualan bersih dikurangi harga pokok produk. Walaupun potongan penjualan merupakan salah satu upaya untuk menarik para konsumen tetapi perusahaan harus memperhitungan jangan sampai memberikan potongan penjualan kepada konsumen diluar kendali. Dalam realisasinya memberikan dispensasi harga kepada pelanggan harus berdasarkan hasil analisis terhadap konsumen supaya tepat sasaran yaitu konsumen yang potensial karena semakin tinggi potongan penjualan akan semakin menurun laba yang diterima.
Image of page 18
Image of page 19

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 30 pages?

  • Summer '18
  • s.e

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes