11 pembatasan masalah penulisan makalah ini dibatasi

This preview shows page 2 - 6 out of 12 pages.

1.1 Pembatasan Masalah
Penulisan makalah ini dibatasi hanya pada masalah “Kekuasaan dan Politik”. 1.2 Tujuan Memahami juga mengetahui mengenai kekuasaan dan politik dalam keorganisasian.
BAB II PEMBAHASAN 2.1 Kekuasaan Kekuasaan merupakan kapasitas yang dimiliki A untuk memengaruhi perilaku B, sehingga B melakukannya sesuai keinginan A. Aspek penting dari kekuasaan adalah adanya ketergantungan, semakin besar ketergantungan B terhadap A semakin besar kekuasaan A dalam hubungan tersebut. Seseorang dapat memiliki kekuasaan atas Anda hanya jika ia memiliki kontrol terhadap apa yang Anda inginkan. 2.2 Kepemimpinan dan Kekuasaan Kekuasaan berbeda dengan kepemimpinan. Kekuasaan tidak memerlukan kesesuaian tujuan, hanya ketergantungan semata. Kepemimpinan pada sisi lain, memerlukan beberapa kesesuaian di antara tujuan-tujuan pemimpin dengan yang dipimpin. Kepemimpinan menitikberatkan pada pengaruh ke arah bawah pengaruh ke arah bawah kepada para pengikut. 2.3 Dasar Kekuasaan Dari mana asal kekuasaan? Apa yang menentukan seorang individu memiliki pengaruh atas orang lain ? a. Kekuasaan Formal Didasarkan pada posisi sesorang individu di dalam organisasi, dapat berasal dari kemapuan untuk memaksa atau memberikan imbalan atau dari wewenang formal. 1) Kekuasaan paksaan : Dasar kekuasaan ini bergantung pada ketakutan atas hasil yang negatif akibat kegagalan untuk memenuhi. Hal ini bertumpu pada penerapan atas sanksi fisik seperti timbulnya rasa sakit, frustasi atas hambatan pergerakan, atau mengendalikan dengan kekuatan dasar psikologis atau kebutuhan keamanan. 2) Kekuasaan Imbalan : Kebalikan dari kekuasaan paksaan, pada orang-orang yang patuh karena menghasilkan manfaat yang positif; seseorang yang dapat mendistribusikan imbalan yang mana orang lain akan memandangnya berharga akan memiliki kekuasaan atas mereka. 3) Kekuasaan Legitimasi : Merupakan kekuasaan yang diterima oleh seseorang sebagai hasil dari posisinya di dalan hierarki formal suatu organisasi. b. Kekuasaan Pribadi Berasal dari karakteristik unik individu. Dua kekuasaan pribadi yang mendasar : keahlian dan rasa menghormati serta mengagumi orang lain. 1) Kekuasaan karena Keahlian : Merupakan pengaruh yang dikerahkan sebagai hasil dari keahlian, keterampilan khusus atau pengetahuan.
2) Kekuasaan Acuan : Didasarkan pada identifikasi dengan seseorang yang memiliki sumber daya atau sifat pribadi yang diinginkan. Dari kekuasaan di atas riset menyarankan dengan cukup jelas bahwa sumber kekuasaan pribadi adalah yang paling efektif. Keduanya, kekuasaan acuan maupun karena keahlian, secara positif terkait dengan kepuasan para pekerja dengan supervisi, komitmen organisasi, dan kinerja mereka, sedangkan kekuasaan untuk memberikan imbalan dan kekuasaan legitimasi terlihat tidak terkait dengan hasil tersebut.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture