dengan ciri fisik tidak telalu keras sifatnya plastis dan berwarna kuning 6

Dengan ciri fisik tidak telalu keras sifatnya plastis

This preview shows page 34 - 36 out of 59 pages.

dengan ciri fisik : tidak telalu keras, sifatnya plastis dan berwarna kuning. 6) Garam Penambahan garam ± 15% bertujuan untuk memberikan cita rasa dan sebagai pengawet alami untuk tahu yang dihasilkan. Jenis garam yang digunakan adalah garam gandu, karena selain harganya yang murah yang dapan menekan biaya produksi juga rasanya lebih asin dibandingkan dengan garam halus. Garam yang digunakan harus memenuhi kriteria yang baik, dimana garam tersebut sepenuhnya larut dalam air, tidak bergumpal dan bersih. b. Persiapan Alat Dalam proses pembuatan tahu, peralatan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan produksi. Peralatan tersebut diperoleh dengan menyewa dari laboratorium pengolahan Departemen Agroindustri dan Teknik Kimia. Sistem penyewaan alat dan gedung (ruang khusus produksi tahu) dihitung tiap bulan yaitu Rp. 50.000. Peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan tahu, diantaranya adalah : 1) Alat penimbangan Timbangan yang kami gunakan terdiri dari 3 macam yaitu : timbangan duduk dengan kapasitas maksimal 50 kg yang digunakan untuk menimbang kedeai kering, timbangan analitik dengan kapasitas maksimal 5 kg yang digunakan untuk menimbang kedelai basah (setelah perendaman), dan timbangan digital dengan kapasitas maksimal 1000 gram yang digunakan untuk menimbang CaCl 2 dan mentega. 2) Wadah perendaman Wadah atau tempat perendaman kedelai digunakan ember plastik karena lebih praktis, ringan dan kuat serta mudah dibersihkan. Wadah perendaman ini berdiameter 0,4 m dengan tinggi 0,8 m. 3) Alat penggiling Alat penggiling yang kami gunakan untuk menggiling kedelai menjadi bubur kedelai yaitu burmill . Alat penggiling ini merupakan Laporan Kegiatan On Farm | Agribisnins Produksi Tahu 27
Image of page 34
alat penggiling mekanik yang pengoperasiannya menggunakan tenaga listrik. 4) Alat pemasakan Alat pemasakan bubur kedelai ini terdiri dari panci, kompor dan gas. Panci yang kami gunakan merupakan panci alumunium yang berdiameter 0,25 m dengan tinggi 0,2 m. Kompor bertekanan yang berbahan bakar gas merupakan alat pemanas yang kami gunakan untuk pemasakan bubur kedelai. 5) Alat ekstraksi Alat ekstraksi ini merupakan rangkaian dari kain saring, saringan bambu atau irig dan ember. Kain saring yang berukuran 1 m x 1 m ini dihamparkan diatas saringan bambu atau irig dan didudukan pada ember sebagai wadah penampung. Saringan bambu ini berfungsi sebagai dudukan kain saring. Saringan bambu ini berupa anyaman bambu yang berlubang – lubang dan berdiameter 0,5 m. Sari kedelai yang dihasilkan akan tertampung dalam ember. 6) Wadah penggumpalan Wadah penggumpalan ini berupa ember plastik yang dialasi dengan kayu. Alas kayu ini akan memudahkan proses pemisahan whey . Wadah penggumpalan ini berdiameter 0,75 m dan tinggi 0,3 m. 7) Alat pencetak dan pengepres Alat pencetak berupa cetakan kotak yang terbuat dari kayu yang berukuran 50 cm x 10 cm. Cetakan ini dilengkapi dengan alas yang berlubang – lubang agar whey keluar dari cetakan. Selain itu, dilengkapi juga dengan kain saring yang berfungsi sebagai alas dan penutup tahu pada cetakan. Diatas kain saring ditempatkan papan penutup serta landasan alat pres (pemberat). Alat pres ini berupa air
Image of page 35
Image of page 36

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 59 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors