mewakili masyarakat Kampung Wambar dan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Fakfak c

Mewakili masyarakat kampung wambar dan dan dinas

This preview shows page 14 - 17 out of 23 pages.

mewakili masyarakat Kampung Wambar dan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Fakfak. c. Kuesioner Merupakan instrumen pengumpulan data atau informasi yang dioperasionalisasikan ke dalam bentuk item atau pertanyaan, pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling) penyusunan kuesioner dilakukan dengan harapan dapat mengetahui variable- variabel apa saja yang menurut responden merupakan hal yang penting. Untuk menentukan jumlah sampel di gunakan rumus Slovin, dengan jumlah penduduk Kampung Wambar sebesar 205, maka jumlah sampel yang di teliti yaitu : 𝑛 = 𝑁 1 + 𝑒 2 𝑛 = 205 1 + 205 (0.1) 2 𝑛 = 205 1 + 2.05 𝑛 = 67,21 67 Responden 1.5.3 Metode Analisis Analisis dalam penelitian ini di fokuskan untuk mengidentifikasi potensi Kampung Wambar di Distrik Fakfak Timur Tengah, sebagai daya tarik ekowisata berbasis masyarakat. metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah
Image of page 14
7 analisis potensi ekowisata, teknik analisis deskriptif kualitatif yang digunakan sebagai analisis potensi ekowisata. Teknik penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari hasil data yang didapatkan saat observasi lapangan, kuesioner, wawancara dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan di pelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami. 1.5.4 Variabel-variabel Ekowisata Berikur ini merupakan variabel-variabel ekowisata di Kampung Wambar Distrik Fakfak Timur Tengah : 1. Atraksi a) Keindahan alam, merupakan daya tarik berupa pantai dengan hamparan pasir putih, laut beserta keindahan biota lautnya, serta flora dan fauna endemik dari pulau papua dan Kabupaten Fakfak. b) Budaya, daya tarik budaya di Kampung Wambar berupa 10 bahasa dan yang digunakan di Kampung Wambar yaitu bahasa Onim, tarian daerah yaitu tarian titir dan tarian sawat. 2. Aksesibilitas a) Jaringan jalan, terdapat akses jalan menuju Kampung Wambar yaitu dengan menggunakan jalan darat atau laut. b) Jarak tempuh, untuk mencapai Kampung Wambar membutuhkan waktu sekitar >1 jam 45 menit c) Moda transportasi, angkutan umum merupakan salah satu moda transpoertasi yang tersedia unruk mencapai Kampung Wambar (Direktoral Jendaral Perhubungan, Dalam Deyanara 2010). 3. Amenitas a) Akomodasi, tempat tinggal sementara bagi para wisatawan, akomodasi yang tersedia di Kampung Wambar ialah rumah penduduk. b) Jasa kuliner, usaha jasa kuliner yang terdapat diKampung Wambar yaitu, papeda, kasbi madu, ikan bakar, sayur tagas-tagas (Dalam Priono ; 2012).
Image of page 15
8 4. Partisipasi masyarakat, Peran serta masyarakat dalam pembangunan pariwisata merupakan kesediaan masyarakat untuk membantu berhasilnya program pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, untuk masyarakat Kampung Wambar ingin ikut serta dalam pengembangan ekowisata sebagai penyewa penginapan,guide,penjual makanan,penjual aksesoris keamanan dll ( Dalam Kartikasari ; 2016 ).
Image of page 16
Image of page 17

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 23 pages?

  • Fall '17
  • DOSEN

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes