Urutan langkah dalam menyusun klasifikasi rekening berdasarkan susunan laporan

Urutan langkah dalam menyusun klasifikasi rekening

This preview shows page 7 - 9 out of 14 pages.

Urutan langkah dalam menyusun klasifikasi rekening berdasarkan susunan laporan keuangan adalah sebagai berikut: 1) Rekening-rekening buku besar dibagi menjadi dua kelompok yaitu rekening neraca (rekening rill) dan rekening laba rugi (rekening nominal) 2) Rekening neraca dibagi menjadi yang sifatnya berbeda seperti asset, hutang dan modal 3) Masing-masing kelompok ada di nomor 2 di atas dibagi lagi menjadi golongan-golongan sebagai berikut: Asset Asset lancer Investasi jangka panjang Asset tetap berwujud Asset tetap tidak berwujud Asset lain-lain Hutang Hutang jangka pendek Hutang jangka panjang Modal Modal disetor Modal lain 4) Golongan-golongan yang ada dirinci lagi, mungkin dalam bentuk sub golongan atau langsung ke rekeningnya 5) Rekening laba rugi dibagi bagi menjadi kelompok yang sejenis seperti : penjualan, harga pokok penjualan, biaya pokok produksi, biaya penjualan, biaya administrasi & umum, pendpaatan dan biaya di luar usaha 6) Golongan-golongan yang ada dirinci lagi mungkin dalam bentuk sub golongan atau langsung ke rekeningnya 7) Memberikan nomor kode kepada masing-masing rekening dalam klasifikasi Contoh penyusunan 3 digit ke tiga dari bagan akun: 100 – 199 Assets 200 – 279 Liabilities 280 – 299 Equity 300 – 399 Revenue 400 – 499 Cost of Sales
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

500 – 599 Payroll 600 – 699 Other expenses 700 – 799 Fixed charges Bukti Transaksi Pengumpulan Data Transaksi Keuangan Aktivitas ini merupakan siklus pertama dari rangkaian siklus akuntansi. Pada tahap ini semua data transaksi keuangan hotel dikumpulkan di bagian akuntansi (fungsi yang melakukan kegiatan akuntansi). Data transaksi yang dikumpulkan di hotel bersifat harian. Transaksi di hotel dengan pihak ketiga umumnya didukung dengan bukti transaksi. Bentuk bukti transaksi di hotel berupa voucher , yang berarti bahwa setiap transaksi yang terjadi di bagian hotel ( outlet hotel ) seperti restoran didukung oleh bukti transaksi seperti rekening restoran. Demikian pula halnya untuk transaksi penjualan kamar yang didukung bukti transaksi rekening tamu ( guest bill ) untuk tamu yang bersangkutan. Data harian lain yang dikumpulkan di akuntansi hotel misalnya laporan penjualan makanan di restoran, penerimaan kas, saldo rekening tamu hotel, pengeluaran kas, penjualan jasa lain seperti cucian, kolam renang untuk umum dan lain sebagainya. Kelengkapan dokumen pendukung yang dikumpulkan akan memberikan pengaruh mutu laporan keuangan hotel. Makin lengkap dan utuh (intact) bukti transaksi, makin baik mutu laporan keuangan yang dihasilkan. Analisa Transaksi Siklus kedua dari akuntansi keuangan adalah analisis transaksi yang terjadi. Analisis transaksi bertujuan mengkaji dampak ekonomis setiap transaksi yang terjadi. Artinya, setiap transaksi yang terjadi akan mempengaruhi asset, kewajiban dan modal. Setiap transaksi yang terjadi di sisi lain akan mempengaruhi sisi debet dan kredit untuk rekening-rekening pada neraca, rugi- laba dan modal. Sebagai ilustrasi, penerimaan kas hasil penjualan jasa kamar akan mempengaruhi rekening neraca dan rugi-laba. Pada neraca, rekening yang dipengaruhi adalah
Image of page 8
Image of page 9
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes