PRINSIP DAN FAKTOR.docx

The proper law mengajarkan bahwa manakala para pihak

  • No School
  • AA 1
  • 18

This preview shows page 5 - 7 out of 18 pages.

di dewasa ini, dan di anggap memuaskan untuk kebanyakan kasus. The proper law mengajarkan bahwa manakala para pihak tidak melakukan pilihan hukum dalam kontrak yang dibuatnya, maka hukum yang berlaku adalah hukum yang paling pantas dengan pertimbangan yang objektif dan logis dengan mengasumsikan bahwa kontrak telah dibuat dengan sah. Namun demikian, doktrin the proper law ini sangat membigungkan. 6. Penyelesaian Sengketa Perjanjian tidak selau dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Oleh karena itulah dalam setiap perjanjian perlu dimasukkan klausul mengenai penyelesaian sengketa apabila salah satu pihak tidak memenuhi perjanjian atau wanprestasi. 35 (Fuady, 2003) Istilah penyelesaian sengketa berasal dari bahasa Inggris, yaitu dispute resolution menurut Richard L. Abel, sengketa (dispute) adalah “ pernyataan publik mengenai tuntutan yang tidak selaras (inconsistent claim) terhadap sesuatu yang bernilai” 36 . Definisi lain dikemukakan oleh Nader dan Todd. Ia mengartikan sengketa sebagai: “ keadaan dimana konflik tersebut dinyatakan dimuka atau dengan melibatkan pihak ketiga. Selanjutanya ia mengemukakan istilah pra konflik dan konflik. Prakonflik adalah keadaan yang mendasari rasa tidak puas seseorang.
Image of page 5
Konflik itu sendiri adalah keadaan dimana para pihak menyadari atau mengetahui tentang adanya rasa tidak puas tersebut 37 . Adapun Steven Rosenberg esq mengartikan konflik sebagai perilaku bersaing antara dua orang atau berkelompok. Konflik terjadi antara dua orang atau lebih berlomba untuk mencapai tujuan yang sama atau memperoleh sumber yang jumlahnya terbatas. Pola penyelesaian sengketa adalah suatu bentuk atau kerangka untuk mengakhiri suatu pertikaian atau sengketa yang terjadi antara para pihak. Pola penyelesaian sengketa dapat di bagi menjadi dua macam, yaitu (1) melalui pengadilan, dan (2) alternatif penyelesaian sengketa. Penyelesaian sengketa melalui pengadilan (litigasi) adalah suatu pola penyelesaian sengketa yang terjadi antara para pihak yang bersengketa melalui jalur pengadilan. Putusannya bersifat mengikat. Penggunaan sistem litigasi mempunyai keuntungan dan kekurangannya dalam penyelesaian suatu sengketa. Keuntungannya, yaitu: 1. Dalam mengambil alih keputusan dari para pihak, litigasi sekuranh- kurangnya dalam batas tertentu menjamin bahwa kekuasaan tidak dapat mempengaruhi hasil dan dapat menjamin ketentraman sosial; 2. Litogasi sangat baik sekali dalam menemukan kesalahan-kesalahan dan masalah-masalah dalam posisi pihak lawan; 3. Litigasi memberikan suatu standar bagi prosedur yang adil dan memberikan peluang yang luas kepada para pihak untuk di dengar keterangannya sebelum mengambil keputusan; 36 (dalam Friedman, 2001) 37 ( Kriekhoff , 2001) 4. Litigasi membawa nilai-nilai masyarakat untuk penyelesaian sengketa pribadi; 5. Dalam sistem litigasi, para hakim menerapkan nilai-nilai masyarakat yang terkandung dalam hukum untuk menyelasaikan sengketa.
Image of page 6

Want to read all 18 pages?

Image of page 7

Want to read all 18 pages?

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 18 pages?

  • Fall '19

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern