Raden mursada yang berputra raden mustafa dengan

This preview shows page 20 - 22 out of 54 pages.

Raden Mursada yang berputra Raden Mustafa dengan pangkat Abdi Dalem Pathok Negara yang berkedudukan di desa Plosokuning dengan bergelar Kyai Hanafi I. Raden Mustafa adalah guru spiritual dari Sri Sultan Hamengkubuwono III. Kemudian pada masa pemerintahan dibangunlah Masjid Pathok Negoro Plosokuning sebagai rasa hormat kepada sang guru dan juga sebagai dasar hukum agama. Nama Plosokuning sendiri di ambil dari nama sebuah pohon ploso yang mempunyai daun berwarna kuning yang terdapat di sebelah timur masjid, dimana pohon itu dijadikan nama Desa Plosokuning. Sebagai salah satu masjid pathok Negoro, di masjid Plosokluning juga ditempatkan abdi dalem kemasjidan. Abdi dalem yang menjalankan tugas di masjid Plosokuning adalah Raden Zamakhsari sebagai Khotib, Raden Muhammad Baghowi sebagai Muadzin, Raden Mulyoharjo sebaga Jajar Jama’ah, Raden Suprobo sebagai Jajar Ulu-ulu, dan Raden Yusuf sebagai Jajar Marbot. 3.2. Arsitektur Bangunan di Masjid Pathok Negoro Masjid Pathok Negoro Plosokuning didirikan setelah Masjid Agung Yogyakarta, sehingga bentuk arsitekturnya hampir sama dengan Masjid Agung Yogyakarta sebagai bagian dari Kraton Yogyakarta. Persamaan ini dipengaruhi dengan adanya kolam, bedug, mighrob, dan atap masjid. Masjid Pathok Negoro mempunyai ciri khas di bagian atap yang
Image of page 20

Subscribe to view the full document.

16 berbentuk tajuk tumpang dua. Makhota masjid memiliki kesamaan material yang terbuat dari tanah liat, dengan ciri adanya pohon sawo kecik yang berada di halaman masjid, kolam yang mengelilingi masjid, serta serambi masjid yang berbentuk joglo. Bagian lantai masjid dahulu diplester biasa dengan menggunakan semen merah, kemudian pada tahun 1976 lantai masjid ini diganti dengan tegel biasa, disamping itu daun pintu dan temboknya dilakukan penggantian pada tahun 1984. Pada saat itu pintu masjid hanya ada satu dan sangat rendah, pintu yang rendah ini dimaksudkan agar setiap orang yang masuk masjid hendaknya menunduk dan menunjukkan rasa hormat. Tahun 2000 masjid ini mengalami renovasi pada 4 (empat) tiang utama dan beberapa elemen lainnya. Pada tahun 2001, masjid ini kembali mengalami renovasi pada bagian serambi dan tempat wudhu. Renovasi ini dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dan pada tahun tersebut masyarakat secara swadaya juga mengganti lantai tegel masjid dengan keramik, memassang konblok di halaman serta mendirikan menara pengeras suara. Pola tata bangunan pada tapak Masjid Sulthoni Plosokuning terletak pada komplek dimana didalamnya terdapat fungsi penunjang berupa taman kanak-kanak yang dibangun pada tahun 2005 serta area pemakaman. Pada awalnya komplek ini hanya terdiri dari sebuah masjid dan area pemakaman saja, namun pada tahun 2004 dibangunlah sebuah taman kanak-kanak untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan pra sekolah anak di desa Minomartani.
Image of page 21
Image of page 22
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes