konstituennya di luar soal pilihan ideologis sehingga pengurangan subsidi akan

Konstituennya di luar soal pilihan ideologis sehingga

This preview shows page 25 - 28 out of 34 pages.

konstituennya (di luar soal pilihan ideologis), sehingga pengurangan subsidi akan menyulitkan posisi politik mereka. Pengadilan Politik Jawaban di atas masih menyisakan pertanyaan yang tak terjawab: mengapa pada 2005 dan 2008 kebijakan serupa bisa dieksekusi relatif lancar? Pertama, pada kurun waktu tersebut soliditas partai koalisi cukup kentara, sekurangnya wakil presiden merupakan representasi dari salah satu parpol besar yang siap pasang badan mengamankan kebijakan pemerintah. Kemewahan itu tidak dimiliki saat ini ketika ikatan koalisi sangat rapuh, sehingga sumber masalah justru bukan berasal dari partai oposisi. Kedua, kredibilitas dan konsistensi pemerintah pada ketika itu relatif terjaga dibandingkan sekarang sehingga legislatif maupun rakyat “mudah” menerima kebijakan tersebut. Pemerintah relatif kredibel sebab tiap kebijakan diperjuangkan dengan sepenuh keyakinan. Demikian pula, pemerintah dianggap konsisten karena kebijakan strategis didesain lebih matang sehingga tidak berubah-ubah setiap saat. Narasi tersebut memberi hikmah bahwa proses pembuatan kebijakan tidak pernah sepi dari kepentingan politik, tak terkecuali pemerintah sendiri. Pendapat yang mengutuk DPR hanya peduli dengan kepentingan politik merupakan pikiran lugu karena hal yang sama juga diniati pemerintah (termasuk isu pengamanan APBN dan keadilan ekonomi). Pada akhirnya, di luar pilihan argumen yang kuat, yang bakal dirasakan manfaatnya oleh rakyat (alasan penyelamatan APBN dan keadilan ekonomi terlalu abstrak bagi politisi/rakyat), maka pemerintah perlu konsentrasi mengubah prosedur pembuatan kebijakan yang dianggap strategis. Perjuangan pemerintah ke depan adalah merebut ruang yang lebih besar untuk mendesain kebijakan tanpa melewati lorong parlemen, seperti kasus BBM ini. Jika nantinya kebijakan pemerintah dianggap salah atau gagal dijalankan, biarlah pengadilan politik (misalnya pemilu) yang akan menghukumnya. Ahmad Erani Yustika Guru Besar Fakultas Ekonomi dan
Image of page 25
Bisnis Universitas Brawijaya
Image of page 26
EKONOMI MAKRO DAN DEFISIT APBN Situasi ekonomi terkini tampaknya telah memberikan pijakan yang lebih rasional kepada pemerintah untuk menetapkan perubahan asumsi makro APBN 2009. Dari semua asumsi makro yang telah direncanakan, tampaknya penetapan pertumbuhan ekonomi yang sebesar 5%, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sebesar 11.000, inflasi pada tingkat 6,2%, dan suku bunga SBI (3 bulan) sebesar 7,5% merupakan asumsi yang rasional. Sedangkan harga ICP yang ditetapkan sebesar US$ 45 untuk setiap barrel sepertinya agak optimis. Sungguh pun begitu, dalam kondisi yang penuh tekanan seperti sekarang, asumsi-asumsi APBN tersebut bukan hanya bertujuan meningkatkan kinerja ekonomi, tetapi yang lebih penting adalah mempertahankan kinerja sebelumnya (sekaligus meningkatkan kualitasnya). Berpijak pada tujuan itu, maka perubahan APBN 2009 harus bisa memastikan terjadinya peningkatan kesejahteraan penduduk. Konfigurasi Ekonomi Makro Sampai saat ini situasi perekonomian global masih muram, tapi dikarenakan tingkat konsumsi domestik masih relatif terjaga menyebabkan kinerja ekonomi masih bisa tumbuh pada tingkat 5%. Dari sisi permintaan, tingkat pertumbuhan ekonomi sebagian besar akan didonasikan oleh peningkatan konsumsi pemerintah. Pola ini memang
Image of page 27
Image of page 28

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 34 pages?

  • Fall '18
  • pak mujid

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes