digital_20315115-S_Sri Wahyanti Maulida.pdf

Perbaikan status gizi yang paling efektif dilakukan

This preview shows page 74 - 77 out of 83 pages.

Perbaikan status gizi yang paling efektif dilakukan sebelum kehamilan, lebih baik lagi sejak masih remaja. Karena kekurangan gizi saat remaja bisa berlanjut pada kehamilan dan mengakibatkan kelahiran BBLR. Meningkatkan status gizi calon ibu juga dapat dilakukan dengan meningkatkan status gizi bayi dan anak dengan cara memberikan ASI Eksklusif dilanjutkan dengan pemberian ASI sampai usia 2 tahun, pemberian MP-ASI yang tepat sejak usia 6 bulan dan pemberian makanan lain secara adekuat juga pemberian suplemen seperti vitamin A. Dari segi kesehatan juga harus dijaga dengan penanganan penyakit yang efektif dan pemberian imunisasi (Departemen Gizi FKM UI, 2010). Pemeriksaan kehamilan (ANC) yang adekuat dipercaya dapat menurunkan kejadian BBLR. ANC yang adekuat bukan hanya dilihat dari frekwensi, tapi pada kemampuan mendeteksi adanya kelainan, komplikasi dan faktor resiko bagi ibu janin (Jurnal Kesmasy, 2007). Sehingga ibu dan petugas mempunyai kesempatan untuk memperbaiki kondisi ibu dan janin. Ibu hamil dengan ukuran LILA < 23,5 cm dan penambahan berat badan tidak sesuai dengan harapan harus mendapatkan perhatian yang lebih. Gambaran kejadian..., Sri Wahyanti Maulida, FKM UI, 2012
Image of page 74

Subscribe to view the full document.

55 Universitas Indonesia Penyuluhan tentang gizi ibu hamil juga perlu diberikan tidak hanya bagi ibu hamil tapi pada Wanita Usia Subur dan remaja puteri. Karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa perbaikan status gizi tidak bisa hanya dilakukan saat hamil tapi akan lebih baik apabila dilakukan sebelum hamil. Di Puskesmas Sungai Malang sudah dilaksanakan pemberian PMT bagi ibu hamil KEK sebanyak 90 paket yang diberikan selama 3 bulan. Hal ini sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan PMT Pemulihan dari Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes RI (2012). Konseling mengenai gizi ibu hamil juga harus diberikan pada ibu saat dia memeriksakan kehamilannya. Selama ini konseling yang dilakukan terbatas kepada konseling mengenai acuan pemenuhan gizi ibu hamil secara umum yang terdapat di Buku KIA. Karena berdasarkan penelitian banyak ibu dengan ukuran LILA < 23,5 cm, penambahan berat badan yang kurang dan ibu hamil menderita anemia maka anjuran pemenuhan gizi bagi ibu dengan kelompok tersebut harus berbeda dengan ibu dengan kondisi normal. Untuk menyusun atau cara-cara memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dengan kebutuhan khusus seperti itu dapat meminta bantuan kepada petugas gizi, lebih baik lagi apabila mereka dirujuk kepada petugas gizi agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Gambaran kejadian..., Sri Wahyanti Maulida, FKM UI, 2012
Image of page 75
56 Universitas Indonesia BAB VII PENUTUP 7.1 Kesimpulan Dari hasil penelitian tentang gambaran kejadian BBLR dan karakteristik ibu yang melahirkannya di Puskesmas Sungai malang tahun 2011 yang didapatkan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 7.1.1 47,7 % BBLR di Puskesmas Sungai Malang mempunyai berat lahir < 2.000 gram yang merupakan kelompok BBLR dengan resiko tinggi karena lebih mudah mengalami berbagai komplikasi.
Image of page 76

Subscribe to view the full document.

Image of page 77
  • Spring '15

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern