a Koordinasikan dengan pejabat tata graha house keeping yang berkompeten b

A koordinasikan dengan pejabat tata graha house

This preview shows page 8 - 11 out of 12 pages.

a. Koordinasikan dengan pejabat tata graha (house keeping) yang berkompeten b. Hubungi pejabat kantor depan (front office) yang berkompeten untuk memastikarn berkompeten untuk mengeluarkan mengenai status kamar tamu tersebut bahwa tamu memang merupakan seorang skipper. c. Dapatkan persetujuan dari pejabat hotel yang berkompeten untuk mengeluarkan tamu skipper dimaksud dari kamar yang dihuni. 201 9 8 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 8

Subscribe to view the full document.

d. Rekening skipper ini dikeluarkan dari daftar rekening tamu dan dipindahkan ke rekening city ledger untuk ditindaklanjuti oleh petugas hotel yang berkompeten di bagian akuntansi. 2. Salah Pembebanan Untuk Jasa-Jasa Hotel Kekeliruan terjadi karena bersifat manusiawi. Tamu dari kamar 201 salah menuliskan nomor kamar ketika makan malam di restoran, yaitu 210. Oleh petugas hotel, beban restoran ini dibebankan ke rekening kamar 210. Tamu kamar 210 tentu akan menolak beban restoran ini. Untuk mengoreksi kekeliruan pembebanan ini, petugas hotel (kasir kantor depan) dapat melakukan langkah-langkah berikut: a. Keluarkan beban restoran ini dari kamar 210. b. Telusuri tanda tangan tamu yang tertera di rekening restoran dengan tanda tangan tamu yang tertera di kartu registrasi untuk semua tamu yang tingggal di hotel. Tugas ini memang memerlukan waktu, tetapi sangatlah penting menciptakan kesan baik kepada tamu yang tinggal di hotel. c. Bila tanda tangan yang tertera di rekening restoran telah sesuai dengan yang tercantum pada kartu registrasi maka petugas hotel membebankan rekening restoran tersebut pada kamar dimaksud 3. Tamu Memberikan Tipspada Saat Check-Out Ada beberapa tamu yang memberikan tips (tips - to improve prompt service) tunai pada saat check-out dengan uang rupiah. Untuk pemberian tips ini, tamu memerlukan sejumlah uang rupiah dari kasir kantor depan dan dibebankan ke rekening kamarnya. Untuk situasi ini, kasir kantor depan dapat mengeluarkan uang tunai (kas) dengan beban paid-out. Jumlah paid-out ini dicantumkan pada formulir paid-out dan harus ditandatangani oleh tamu yang bersangkutan dan diotorisasi oleh pejabat hotel yang berkompeten (misalnya front office manager). Uang tunai (paid-out) ini kemudian diberikan kepada tamu, sedangkan jumlah paid-out dibebankan pada rekening tamu pada sisi debet. 4. Penanganan Rekening Tamu Rombongan Jumlah tamu dalam satu kelompok dikategorikan sebagai satu rombongan (group) bila jumlahnya minimal 15 orang. Penanganan rekening tamu rombongan berbeda dengan 201 9 9 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 9
tamu individual. Perlakuan berbeda (khusus) dimaksud adalah untuk beban-beban yang terjadi selama rombongan tersebut tinggal di hotel. Misalnya, beban kamar akan ditanggung oleh lembaga/perusahaan rombongan tersebut. Beban-beban lain seperti telepon, cucian, makan siang, dan beban lainnya menjadi tanggungan pribadi tamu rombongan tersebut. Bila hanya beban kamar yang menjadi tanggungan lembaga/ perusahaan rombongan maka harus disiapkan dua jenis rekening tamu pada saat check- in.
Image of page 10

Subscribe to view the full document.

Image of page 11
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes