maupun dengan para ustadz atau kyai dengan menggunakan Bahasa Arab 41 4 Sistem

Maupun dengan para ustadz atau kyai dengan

This preview shows page 34 - 37 out of 82 pages.

maupun dengan para ustadz atau kyai, dengan menggunakan Bahasa Arab. 41 4. Sistem Pendidikan Pesantren Sistem pendidikan itu adalah susunan atau seperangkat, bagian-bagian pengajaran yang diorganisasikan agar saling bekerja sama secara harmonis dalam mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan. Dengan demikian suatu sistem adalah 40 Ibid . hal. 19. 41 Amin Haedari, dkk, Masa Depan Pesantren... , hal. 21.
Image of page 34
24 sebagai sarana sebagai wahana guna mencapai tujuan yang ditetapkan, dan didalam mencapai tujuan yang ditetapkan, dan didalam mencapai tujuan itu diperlukan berbagai komponen menunjang secara positif terhadap tercapainya tujuan tersebut. 42 Dengan menggunakan suatu sistem, merupakan suatu usaha untuk memperoleh kemudahan dan efisiensi dalam mencapai tujuan yang dietapkan. Ada beberapa sistem yang digunakkan untuk mendalami kitab-kitab di pesantren yaitu: 43 a. Sistem Wetonan Sistem wetonan ini sekelompok santri mendengarkan kyainya membaca, menterjemahkan, dan menerangkan, memperhatikan dan mencatat yang dianggap perlu, sistem pengajaran yang demikian adalah sistem bebas, karena tidak terdapat suatu ketentuan khusus tentang kehadiran murid. Jadi sistem wetonan ini sama seperti sistem kuliah. b. Sistem Sorongan Dalam metode sorongan , sebaliknya, santri yang menyodorkan kitab ( sorong ) yang akan dibahas, dan sang guru mendengarkan, setelah itu belliau memberikan komentar dan bimbingan yang dianggap perlu bagi santri. c. Sistem hafalan Metode ini merupakan ciri yang sudah melekat pada sistem pendidikan yang tradisional, termasuk pondok pesantren. Hal ini amat 42 Abdurrahman Wahid, Bunga Rampai Pesantren , (Jakarta: Dharma Bakti, 1978), hal. 140. 43 Tim Penyusun Depag RI, Pola ,...hal. 44-45.
Image of page 35
25 penting pada sistem keilmuan yang lebih mengutamakan argumen naqli transmisi dan periwayatan (normatif). Dalam sistem pendidikan modern, sistem hafalan kurang dianggap penting. Sebaliknya yang penting adalah kreatifitas dan kemampuan mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Memang sistem hafalan ini masih perlu dipertahankan, sepanjang berkaitan penggunaan argumen naqli dan kaidah-kaidah umum. Sistem inipun masih relevan untuk diberikan kepada murid-murid usia anak-anak, tingkat dasar dan menengah. Pada usian tingkat atas, sebaiknya dikurangi dengan mempergunakan sistem ini pada rumusan-rumusan dan kaedah- kaedah. Penekanan pertama diberikan pada sistem pemahaman dan diskusi. d. Sistem Musyawarah Dalam sistem ini menuntut para santri untuk belajar sendiri dengan beberapa buah kitab yang telah ditunjukkan kyai. Kyai memimpin kelas musyawarah ini seperti dalam sebuah seminar dan lebih banyak berlangsung pelajarannya dengan tanya jawab. Sebelum menghadapi kyai para santri menyelenggarakan diskusi terlebih dulu antara mereka dan menunjukkan salah seorang juru bicara untuk menyampaikan semua kesimpulan dari masalah yang disajikan oleh kyainya, baru setelah itu diikuti dengan diskusi didalam kelas.
Image of page 36
Image of page 37

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 82 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors