2 Hubungan antar mitra internal dalam IOS Hal diperlukan agar peningkatan

2 hubungan antar mitra internal dalam ios hal

This preview shows page 22 - 24 out of 32 pages.

2. Hubungan antar mitra internal dalam IOS Hal diperlukan agar peningkatan perusahaan terbantu oleh keunggulan mitra bisnis/perusahaan lain yang mungkin tidak dimiliki perusahaan tersebut. 3. Penyesuaian perusahaan dengan publik dan organisasi/perusahaan lain Hal ini berguna agar perusahaan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan persaingan di luar organisasi. 4. Evaluasi Kegiatan bisnis dengan melihat keunggulan maupun kelemahan mitra bisnis ataupun dengan melihat kemampuan usaha perusahaan itu sendiri. 5. Perbaikan sistem perusahaan yang telah melalui proses evaluasi Hal ini semata-mata guna meningkatkan mutu perusahaan itu sendiri. Karena percuma saja apabila suatu perusahaan tidak dapat meningkatkan mutu dan perkembangan perusahaan berdasarkan hasil evaluasi. Hal ini berlaku untuk semua perusahaan, kecil maupun besar. E. Definisi Sistem Informasi Manajemen Sistem menurut O’Brien dan Marakas (2009), merupakan satu kesatuan komponen yang saling terhubung dengan batasan yang jelas bekerja bersama-sama untuk mencapai seperangkat tujuan dan atau merupakan kombinasi dari people, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber-sumber data, prosedur dan kebijakan yang terorganisasi dengan baik yang dapat
Image of page 22

Subscribe to view the full document.

menyimpan, mengadakan lagi, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi dalam suatu organisasi. Sedangkan menurut Sutono (2007), Sistem informasi dapat diartikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Informasi juga mengandung suatu arti yaitu data yang sudah diolah ke dalam suatu bentuk yang lebih memiliki arti dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Data sendiri merupakan fakta-fakta yang mewakili suatu keadaan, kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik organisasi. Data tidak dapat langsung digunakan untuk pengambilan keputusan, melainkan harus diolah lebih dahulu agar dapat dipahami, lalu dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan. Terdapat tiga aktivitas dasar di dalam Sistem Informasi, yaitu: aktivitas masukan atau input, pemrosesan atau proccessing, dan keluaran atau output. Tiga aktivitas dasar ini menghasilkan informasi yang dibutuhkan organisasi untuk mengambil keputusan, pengendalian operasi, analisis permasalahan, dan menciptakan produk atau jasa baru. Masukan berperan di dalam pengumpulan bahan mentah ( raw data ), baik yang diperoleh dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi. Pemrosesan berperan untuk mengkonversi bahan mentah menjadi bentuk yang lebih memiliki arti. Sedangkan, keluaran dimaksudkan untuk mentransfer informasi yang diproses kepada pihak-pihak atau aktivitas-aktivitas yang akan digunakan. Menurtu Sutono (2007), Sistem informasi juga membutuhkan umpan balik, yaitu untuk dasar evaluasi dan perbaikan ditahap input berikutnya.
Image of page 23
Image of page 24
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes