4 Cari tahu apa yang sebenarnya terjadi Setelah mendengarkan dengan seksama

4 cari tahu apa yang sebenarnya terjadi setelah

This preview shows page 27 - 29 out of 48 pages.

menghormati apa yang dia pahami dan rasakan tentang keadaannya. 4. Cari tahu apa yang sebenarnya terjadi . Setelah mendengarkan dengan seksama terhadap keluhannya, dan saat ini biasanya klien sudah mulai agak tenang karena tahu keluhannya didengar, mulailah beberapa pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang masalahnya. Saat ini cobalah memulai percakapan yang natural dengan intonasi yang natural pula. Hal ini dapat membangun hubungan yang saling mempercayai. Untuk lebih memahami situasi yang terjadi, ajukan pertanyaan dengan lebih detail. 5. Tawarkan solusi . Hal ini dapat dilakukan setelah anda tahu duduk permasalahannya secara detail. Satu hal yang harus diingat, sampai dimana kewenangan anda. Apa yang boleh dan tidak boleh anda lakukan. Jangan membuat janji yang anda tidak bisa penuhi kepada yang mengeluh. Saat menawarkan solusi, lakungan dengan sopan dan penuh hormat. Pastikan klien ini tahu anda bersedia membantu menangani keluhannya, walaupun itu diluar kuasa anda. Hubungi klien menanyakan keadaan masalahnya beberapa hari kemudian akan sangat membantu meningkatkan rasa percayanya terhadap kita. Bahkan permintaan maaf kecilpun akan sangat membantu kembalinya rasa saling percaya. Percaya kepada anda, dan tentunya percaya pada instansi kita.
Image of page 27
Modul Pelatihan PKP Komunikasi Publik 28 | P a g e III.5 Komunikasi Tertulis Komunikasi tertulis adalah segala bentuk penyampaian pesan atau informasi yang berbentuk tertulis. Di lingkungan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah bentuk-bentuk komunikasi tertulis itu diantaranya: surat, nota dinas, memo, email, KAK, MOU, telaahan staf, Laporan Kegiatan, Laporan Kinerja, Bulettin, Newsletter, Website, Social Media, dokumen hukum yang bersifat mengikat (Perpres, Permen, Perlan, Pergub,dsb), surat edaran,dsb. Komunikasi tertulis yang efektif sangat penting dalam membangun komunikasi yang baik secara internal dan eksternal, dan juga dapat meningkatkan citra instansi. Dalam komunikasi tertulis pilihan kata yang tepat merupakan hal yang tidak bia ditawar lagi. Tidak seperti komunikasi lisan, komunikasi tertulis menjadi seperti bukti atau saksi yang selalu ada disana dan dapat dilihat serta dirujuk kembali kapanpun. Untuk dokumen resmi seperti surat, memo, notdin, penguasaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar mutlak dibutuhkan, namun hal ini tidak berlaku untuk komunikasi tertulis semi atau non formal seperti email, social media ,dsb. Bahasa tertulis yang dipakai dalam social media misalnya, akan sangat menyerupai Bahasa lisan sehari-hari di masyarakat. Selain Bahasa yang dipakai, format dan struktur dokumen pun harus diperhatikan. Untuk mudahnya pengarsipan dan klasifikasi arsip, setiap instansi umumnya sudah mengatur format dan struktur tata naskah dinas mereka masing- masing. Bila belum ada silahkan merujuk ketentuan tentang tata naskah dinas yang dikeluarkan oleh instansi pembina, yaitu ANRI Arsip Nasional Republik Indonesia.
Image of page 28
Image of page 29

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 48 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors