merupakan usaha untuk mempertahankan in sight yang orisinal menilai dan

Merupakan usaha untuk mempertahankan in sight yang

This preview shows page 19 - 21 out of 113 pages.

merupakan usaha untuk mempertahankan in-sight yang orisinal, menilai dan mengembangkannya sebaik mungkin. Guiffort membedakan antara berpikir kreatif dan berfikir kritis dengan konsep berpikir konvergen dan divergen. Berfikir konvergen adalah berfikir untuk memberikan jawaban yang tepat atas suatu pertanyaan atau permasalahan. Misalnya jika anda ditanya, Apa ibukota Republik Indonesia? Maka jawaban anda hanya satu yakni Jakarta, tidak ada jawaban lain. Berfikir konvergen inilah yang disebut dengan berfikir kritis fokus pada satu solusi yang benar,. Sedangkan anda ditanya, apakah perbedaan antara bank dan koperasi? Anda menjawabnya dengan berpikir divergen. Berpikir divergen erat kaitannya dengan kreativitas (berfikir menggunakan otak kanan). dan menghasilkan solusi yang bervariasi. Berpikir kreatif termasuk jenis berpikir divergen. Apakah perbedaan berfikir kritis dan berfikir kreatif ? Bacalah kisah berikut, apakah Daniswara termasuk berfikir kreatif atau berfikir kreatif ?
Image of page 19
14 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Daniswara seorang pejabat pengawas dihadapkan pada permasalahan target penyelenggaraan pelatihan yang tidak tercapai pada tahun ini. Dia mencoba mengumpulkan seluruh pegawai yang ada dalam unit organisasinya untuk mendiskusikan permasalahan ini. Daniswara mencoba mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada. Berbagai permasalahan telah teridentifikasi sesuai dengan data, fakta yang obyektif. Langkah selanjutnya dicari akar permasalahan dan beberapa alternative permasalahannya. dalam menggali alternative permasalahan Daniswara meminta pada para pegawainya untuk melakukan inovation shopping . Berbagai alternative pemecahan masalah telah dihasilkan. Danis mengajak seluruh staf untuk menentukan prioritas masalahnya. Ahaaa akhirnya pemecahan masalah ditemukan. Anda setuju bahwa Daniswara dalam memecahkan masalah menggunakan cara berfikir kreatif dan berfikir kritis. Mengapa? Marilah cermati konsep dasar teorinya. Olson dan Robert W mendefinisikan berpikir kristis adalah berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai atau dilakukan. Sedangkan menurut Schafersman, S.D. (1991) adalah berpikir yang benar dalam rangka mengetahui secara relevan dan reliable tentang dunia. Berpikir kritis, adalah berpikir beralasan, mencerminkan, bertanggungjawab, kemampuan berpikir, yang difokuskan pada pengambilan keputusan terhadap apa yang diyakini atau yang harus dilakukan. Berpikir kritis adalah berfikir mengajukan pertanyaan yang sesuai, mengumpulkan informasi yang relevan, mengurutkan informasi secara efisien dan kreatif, menalar secara logis, hingga sampat pada kesimpulan yang reliable dan terpercaya. Menurut Halpen (1996), berpikir kritis adalah memberdayakan keterampilan atau strategi kognitif dalam menentukan tujuan. Proses tersebut dilalui setelah menentukan tujuan, mempertimbangkan, dan mengacu langsung kepada sasaran merupakan bentuk berpikir yang perlu dikembangkan dalam rangka memecahkan masalah, merumuskan kesimpulan, mengumpulkan berbagai kemungkinan, dan membuat
Image of page 20
Image of page 21

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors