Perusahaan bertipologi prospector mempunyai

This preview shows page 5 - 7 out of 19 pages.

Perusahaan bertipologi prospector mempunyai intensitas lebih besar pada fase pertumbuhan dalam product life cycle maka mempunyai kemampuan untuk menciptakan margin dan pertumbuhan laba yang lebih tinggi. Pendapat ini cukup beralasan karena dalam fase pertumbuhan, produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan belum mempunyai saingan dalam jangka pendek, lebih dominan pada aspek deferensiasi sehingga produk dapat dijual
Image of page 5
Berlian 328 346 Jurnal MIX, Volume V, No. 3, Oktober 2015 333 dengan harga yang lebih tinggi. Pada perusahaan bertipologi defender pada fase kematangan memiliki intensitas yang lebih tinggi sehingga memperoleh margin dan pertumbuhan laba yang relatif lebih rendah. Hal ini disebabkan karena perusahaan defender mempunyai domainnya yaitu harus mampu bersaing dengan persaingan yang ketat. Hipotesis Penelitian. Hasil penelitian Jennings et al. (2003) memiliki hasil yang sama dengan penelitian yang dilakukan oleh Saraswati dan Atimini (2007) Meiden dan Zujanty (2004). Mereka menyatakan bahwa tidak ada perbedaan pertumbuhan laba antara perusahaan bertipologi prospector dan defender. Berdasarkan uraian tersebut dirumuskan hipotesis : H 1: Rata-rata pertumbuhan laba pada perusahaan bertipologi prospector lebih besar dari pada perusahaan bertipologi defender berdasarkan kriteria pengelompokkan rasio karyawan terhadap penjualan, rasio market value to book value, rasio capital expenditure to total asset, rasio capital expenditure to market value, dan analisis faktor. Miles dan Snow dalam Saraswati dan Atmini (2007) menyatakan bahwa perusahaan bertipologi prospector mempunyai karakter pengejaran pertumbuhan penjualan dan peningkatan pasar melalui inovasi-inovasi produk baru. Karakter penciptaan produk baru ini menjadikan perusahaan bertipologi prospector intensitasnya lebih besar pada fase pertumbuhan dalam product life cycle. Sementara pada perusahaan bertipologi defender yang lebih menekankan efisiensi cenderung berada pada fase kematangan, sehingga pengontrolan biayanya lebih ketat. Berkaitan dengan siklus hidup perusahaan, Anthony dan Ramesh (1992) dalam Habbe dan Hartono (2001) mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan lebih tinggi pada fase pertumbuhan dibandingkan pada fase kematangan. Perusahaan bertiplogi prospector mempunyai karakter pertumbuhan penjualan dan peningkatan pangsa pasarnya melalui inovasi produk baru yang berbeda dengan para pesaingnya.Karakter dari perusahaan bertipologi prospector adalah pencipta produk baru sehingga menjadikan perusahaan tersebut lebih sering pada tahap pertumbuhan dalam product life cycle. Berbeda halnya dengan perusahaan bertipologi defender yang menekankan efisiensi lebih cenderung pada tahap kematangan, karena pada tahap ini biaya dapat dikontrol sehingga pada tahap ini terjadi persaingan yang ketat (Ahmed et . al , 2012).
Image of page 6
Image of page 7

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 19 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors