Mitton 2002 menyatakan bahwa ketika pemegang saham

This preview shows page 6 - 7 out of 17 pages.

Mitton (2002) menyatakan bahwa ketika pemegang saham utama terlibat dalam manajemen sebagai direksi atau komisaris, mereka akan memiliki lebih banyak kesempatan dan insentif untuk mengambil alih kekayaan pemegang saham minoritas yang akhirnya menurunkan kinerja perusahaan. Pertanyaan yang ingin dibahas oleh penelitian ini adalah apakah kebijakan dividen efektif dalam memitigasi konflik agensi antara pemegang saham mayoritas dan minoritas. Dalam apa yang dikenal sebagai hipotesis ekstraksi sewa, peningkatan dividen berfungsi sebagai mekanisme corporate govemance karena mengurangi konflik arus kas bebas dan sinyal ke pasar bahwa pemegang saham mayoritas tidak menggunakan arus kas bebas untuk kepentingan mereka sendiri, tetapi sebaliknya berbagi dengan pemegang saham minoritas (Gugler & Yurtoglu 2000; Lee & Xiao 2002). Argumen ini didukung oleh Faccio et al. (2000) yang menyatakan bahwa kenaikan dividen dapat memainkan peran utama dalam membatasi pengambilalihan karena memindahkan kemakmuran dari pengendalian orang dalam ke pengendalian orang luar . Dalam sebuah penelitian yang menyelidiki hubungan antara struktur kepemilikan dan kebijakan dividen di antara perusahaan-perusahaan Jepang, Harada dan Nguyen (2006) menemukan hubungan negatif antara konsentrasi kepemilikan dan tingkat
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

pembayaran bunga. Hasil menunjukkan bahwa perusahaan dengan kepemilikan terkonsentrasi cenderung meningkatkan dividen ketika profitabilitas meningkat dan lebih mungkin untuk menghilangkan dividen ketika investasi peluang meningkat. Temuan mereka konsisten dengan pengubahan kekayaan perusahaan untuk keuntungan pribadi pemegang saham mayoritas dengan mengorbankan pemegang saham minoritas. Berdasarkan argumen yang diajukan sejauh ini, rumusan hipotesis pertama penelitian ini: H1a: Pasar bereaksi positif (negatif) terhadap pengumuman peningkatan (penurunan) dividen. Hlb: Pasar bereaksi lebih positif (negatif) terhadap pengumuman peningkatan (Penurunan) dividen oleh perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi tinggi daripada oleh perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi rendah. Hipotesis lb dimaksudkan untuk menangkap intensitas yang berbeda dari konflik keagenan antara pemegang saham mayoritas dan pemegang saham minoritas di perusahaan dengan perbedaan tingkat struktur konsentrasi kepemilikan. Seperti yang ditegaskan oleh Dewenter dan Warther (1998) dan Gugler dan Yurtoglu (2000), dibandingkan dengan perusahaan dengan kepemilikan kurang terkonsentrasi, dalam perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi tinggi, mayoritas pemegang saham memiliki kekuatan lebih untuk mengendalikan manajer dalam menangani arus kas bebas. Itulah yang terjadi, investor diharapkan bereaksi positif (negatif) peningkatan (penurunan) dividen oleh perusahaan dengan struktur kepemilikan konsentrasi tinggi lebih dari perusahaan dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi rendah.
Image of page 7
You've reached the end of this preview.
  • Fall '19
  • Bambang Tjahjadi

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern