Menurut Bearman 2001 yang ditulis dan diadaptasi oleh Semuel Wijaya 2008 p35 54

Menurut bearman 2001 yang ditulis dan diadaptasi oleh

This preview shows page 12 - 15 out of 18 pages.

Menurut Bearman (2001) yang ditulis dan diadaptasi oleh Semuel, Wijaya (2008: p35-54), tumbuhnya Purchase Intention atau minat beli seseorang diakibatkan oleh unsur-unsur yang terdiri dari tiga tahapan: 1. Rangsangan · Merupakan suatu syarat ditujukan untuk mendorong atau menyebabkan seseorang bertindak. 2. Kesadaran · Merupakan sesuatu yang memasuki pemikiran seseorang dan dipengaruhi oleh produk dan jasa itu sendiri. 3. Pencarian informasi · Informasi intern yang bersumber dari pribadi konsumen itu sendiri dalam memilih produk ataupun jasa yang dapat memuaskan dirinya, informasi ekstern yang diperoleh dari luar konsumen itu, misalnya melalui iklan ataupun sumber sosial (teman, keluarga, dan kolega). 2.5.1. Dimensi Purchase Intention Menurut Satidchoke Phosaard, et al. (2013), dimensi dari Purchase Intention yang dalam hal ini berkaitan dengan E-Commerce adalah: 10
Image of page 12
· Product Charateristics – produk yang di tawarkan melalui e-commerce lengkap dan jelas bagi konsumen. · Trust in Seller – pihak pemasar melalui e-commerce dipercaya oleh konsumen yang mengaksesnya. · Previous e-commerce Shopping Experience – meliputi pengalaman dari konsumen yang sudah pernah mengakses website dari perusahaan. 2.6. Revisit Intention Dalam lingkungan online , niat untuk mengunjungi kembali sebuah website dianggap sebagai komponen utama dari loyalitas website . Dan ketika hal tersebut disertai dengan faktor-faktor lain seperti durasi kunjungan atau penyebaran dari mulut ke mulut ( word of mouth ), maka tidak dapat dipungkiri bahwa niat untuk mengunjungi kembali adalah penentu utama dalam membangun loyalitas online (Park dan Kim (2003) dalam (Kabadayi & Gupta, 2011). Berdasarkan literature TAM, niat konsumen untuk mengunjungi kembali sebuah website dipengaruhi oleh sikap konsumen terhadap penggunaan teknologi yang ada dalam website (Koufaris, 2002 dalam (Kabadayi & Gupta, 2011)). Perilaku konsumen untuk mengunjungi kembali menyiratkan bahwa konten situs web itu cukup kuat untuk membuat konsumen kembali. Dapat disimpulkan bahwa Revisit Intention merupakan kondisi dimana pengguna merasa situs web tersebut dapat memenuhi kebutuhan pengguna sehingga pada akhirnya pengguna kembali menggunakannya dan juga bahkan dapat menyebarkannya kepada pihak lain untuk menggunakannya. Menurut Umar (2003), minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Revisit Intention merupakan kondisi dimana pengguna merasa situs web 11
Image of page 13
tersebut dapat memenuhi kebutuhan pengguna sehingga pada akhirnya pengguna kembali menggunakannya dan juga bahkan dapat menyebarkannya kepada pihak lain untuk menggunakannya. Teo et al. (2008-2009) dalam (Byun & Finnie, 2011) menemukan bahwa niat untuk terus menggunakan website E- Government dipengaruhi oleh kepuasan pengguna. Beberapa pengguna tidak mempunyai niat untuk kembali mengunjungi website jika mereka secara fisik tidak puas dengan website , walaupun mereka dapat mencapai tujuan mereka dalam website . 2.6.1. Dimensi Revisit Intention Menurut Satidchoke Phosaard, et al. (2013), dimensi dari Revisit Intention yang dalam hal ini berkaitan dengan E-Commerce adalah: · Repeat Purchase – meliputi keinginan dari konsumen dalam melakukan pembelian kembali di masa depan.
Image of page 14
Image of page 15

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 18 pages?

  • Summer '18

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors