Pemakaian kata oleh yang digabungkan kata karena sebetulnya juga berarti sebab

Pemakaian kata oleh yang digabungkan kata karena

This preview shows page 113 - 116 out of 185 pages.

Pemakaian kata oleh yang digabungkan kata karena , sebetulnya juga berarti sebab atau karena. Contoh: - Anak itu celaka oleh ulahnya sendiri. - Petugas itu meninggal oleh senjatanya sendiri. Sedangkan fungsi oleh yang lain adalah untuk mengantar objek pelaku atau agensif tertentu, yang predikatnya tidak dapat berhubungan langsung.
Image of page 113
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 4 | Uraian Materi Pembelajaran 106 Modul 4 Bagi kalimat yang antara predikat dengan objek pelakunya sudah dapat berhubungan langsung, maka kata oleh tidak boleh dipakai. Jadi berdasarkan uraian di atas, pemakaian kata oleh sebagai gabungan dari kata penghubung karena tidak tepat, karena untuk menyatakan adanya hubungan sebab akibat, kata karena dapat sendiri. Perhatikan kalimat berikut ini. Contoh: - Karena hari hujan, Elisti tidak masuk kuliah. - Sekarang mahasiswa semester tiga lebih rajin belajar, karena akan menghadapi ujian. - Buku itu mahal harganya, karena isinya sangat baik. 4.10 Pemakaian Kata agar dan supaya Kata penghubung agar berfungsi sebagai pengantar keterangan tujuan dari suatu perbautan atau tindakan, sama dengan arti dan fungsi kata penghubung supaya. Perhatikan dua kalimat berikut ini. - Amir belajar dengan rajin agar naik kelas. - Amir belajar dengan rajin supaya naik kelas Mengingat bahwa kedua kata penghubung tersebut merupakan sinonim yang baik arti maupun fungsinya sama, maka salahlah apabila kedua kata tersebut digabung jadi satu dalam pemakaiannya. Kedua kata penghubung tersebut dapat bervariasi secara bebas, tanpa menimbulkan perbedaan arti kalimat yang dilekatinya. Sehingga apabila kita sudah menggunakan kata agar tidak boleh lagi kita gunakan kata supaya, seperti kalimat di bawah ini. - Distribusi rokok diperketat agar supaya masyarakat lebih sehat. Pemakaian kata agar supaya dalam kalimat di atas merupakan gejala hiperkorek. Sebab, kalimat tersebut sama artinya dengan: - Distribusi rokok diperketat agar masyarakat lebih sehat. Atau: Distribusi rokok diperketat supaya masyarakat lebih sehat.
Image of page 114
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 4 | Uraian Materi Pembelajaran 107 Modul 4 Bentuk hiperkorek (pembetulan tetapi menyebabkan salah) seperti di atas, sering kali kita jumpai dalam kehidupan berbahasa sehari-hari. Perhatikan juga bentuk hiperkorek berikut ini. Contoh: 1. Sejak zaman dahulu kala orang sudah pandai bercocok sekolah. 2. Sejak dari (sedari) semula, saya sudah mengingatkan. 3. Kalau misalnya ia tidak jadi pergi, pekerjaan ini sudah selesai . Semua kelompok kata yang dicetak miring dalam kalimat di atas merupakan bentuk atau gejala hiperkorek. Hiperkorek dalam kalimat 1 terletak pada pemakaian kata zaman dan kala. Kata zaman sama artinya dengan kata kala, sehingga harus kita pakai salah satu saja. Jadi kalimat yang baku adalah: 1. Sejak zaman dahulu orang sudah pandai bercocok tanam.
Image of page 115
Image of page 116

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors