Detail harus sesuai dengan profil audiens Berikan tanda signposts yang jelas

Detail harus sesuai dengan profil audiens berikan

This preview shows page 40 - 42 out of 48 pages.

Detail harus sesuai dengan profil audiens. Berikan tanda (‗ signposts’ ) yang jelas ketika anda pindah dari satu sub topik ke sub topik lainnya. Ini yang dinamakan ‗menjembatani‘ atau ‗ bridging , dan memiliki dua fungsi: pertama untuk menekankan sampai mana pembicaraan anda, dan yang kedua untuk membantu audiens yang sedang melamun atau secara mental tidak ada di ruang presentasi, untuk kembali ke topik. Contohnya: ―Baik, sekarang saya akan membicarakan poin saya yang kedua, yakni….‖ Atau ―Sekarang izinkanlah sekarang saya membicarakan material dan metodenya… .‖ Tanda ini dapat dilakukan secara verbal dan atau visual IV.3.3. Penutup ―Katakan apa yang sudah anda katakan‖ Setelah membawakan seluruh isi utama presentasi, tinggallah menyampaikan kata-kata penutup ini: Tibalah kita di penghujung presentasi. Secara ringkas pembicaraan hari ini adalah . Kalimat seperti ini mempunyai berbagai fungsi salah satunya adalah; bagi mereka yang pikirannya sedang tidak di ruangan itu, akan langsung kembali ke topik untuk menangkap pesan-pesan di bagian akhir presentasi. Dan yang paling penting adalah bagian ini merupakan kesempatan untuk menyampaikan pesan-pesan untuk dibawa pulang oleh audiens. Ringkasan harus betul-betul ringkas, dan dalam bentuk satu frase tunggal mewakili satu main point . Ringkasan tidak sama dengan kesimpulan. Kesimpulan memasukkan pendapat presenter ke dalam bagian akhir dari isi presentasi. Audiens butuh diingatkan kembali akan main points dan juga kesimpulannya di bagian akhir.
Image of page 40
Modul Pelatihan PKP Komunikasi Publik 41 | P a g e Kalimat terakhir dalam presentasi seharusnya mengajak untuk melakukan sesuatu. Buatlah satu kalimat saja untuk menjawab tujuan presentasi anda yang berhubungan dengan audiens. Dalam konteks petugas kesehatan yang pernah dibi carakan terdahulu misalnya,‖Silahkan diterapkan petunjuk ini, agar kita dapat bekerja tanpa rasa takut‖., akan dapat menjadi penutup yang cocok dan kuat. Pastikan kalimat penutup anda jelas. Dengan intonasi suara yang semakin turun, akan menjadi tanda bahwa presentasi sudah akan berakhir. Ucapan terima kasih yang tulus akan mengakhiri presentasi dengan baik. IV.3.4. Bahasa Tubuh (Bahasa Non-Verbal) Ada tiga element penting yang harus diperhatikan saat presentasi Verbal Kata-kata yang digunakan Vocal Suara yang digunakan Visual Apa yang terlihat dari wajah dan tubuh Dan menurut Prof Mehrabian, Visual adalah element yang paling mempengaruhi terhadap suksesnya presentasi. Visual terdiri dari: mata, postur tubuh, gerakan, ekspresi wajah, dan gesture . a. Eye contact Mata adalah jendela jiwa, dan ia adalah asset komunikasi yang paling penting. Dari mata bisa terlihat apakah seseorang sedang semangat, tertarik, peduli, atau sedang tidak mood. Pergunakan mata untuk menunjang presentasi jauh lebih baik. Eye contact akan meningkatkan kredibilitas anda, gunakan selama 2 atau 3 detik untuk menatap audiens sehingga mereka merasa diperhatikan. Eye contact harus dilakukan dengan setiap orang di ruangan itu. Hindari eye contact terlalu banyak dengan seseorang yang menarik bagi anda, yang selalu mengangguk setuju, yang tidak terlihat tertarik, dan dengan orang yang ingin anda tinggalkan kesan baik.
Image of page 41
Image of page 42

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 48 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors