Dimiliki oleh investor institusional dibagi dengan

This preview shows page 53 - 57 out of 103 pages.

dimiliki oleh investor institusional dibagi dengan total jumlah lembar saham yang beredar. 3.1.3.2 Ukuran Perusahaan Ukuran perusahaan akan mempengaruhi tingkat biaya politis yang dihadapi perusahaan sehingga akan mempengaruhi penggunaan prinsip akuntansi yang konservatif (Watts dan Zimmerman, 1978 dalam Wardhani, 2008). Perusahaan yang besar akan menghadapi biaya politis yang tinggi, sehingga untuk mengurangi biaya politis tersebut maka perusahaan akan lebih menggunakan prinsip akuntansi yang konservatif. Ukuran perusahaan dapat dihitung dengan menggunakan rata-rata total asset. 3.1.3.3 Pertumbuhan Penjualan Ahmed dan Duellman (2007) menyatakan bahwa pertumbuhan penjualan akan mempengaruhi konservatisme melalui ukuran akrual dan nilai pasar dengan tiga alasan. Pertama, pertumbuhan penjualan akan mempengaruhi tingkat akrual perusahaan seperti persediaan dan piutang. Kedua, perusahaan dengan
Image of page 53

Subscribe to view the full document.

pertumbuhan penjualan yang menurun, ukuran akrual merupakan ukuran yang tidak baik untuk mengukur konservatisme akuntansi. Ketiga, dengan ukuran pasar, pertumbuhan penjualan yang tinggi seringkali meningkatkan ekspektasi pasar terhadap arus kas masa depan. Pertumbuhan penjualan diukur dengan persentase pertumbuhan total penjualan secara tahunan yang dihitung dengan cara total penjualan tahun t dikurangi total penjualan tahun t-1 dibagi dengan total penjualan tahun t-1. 3.1.3.4 Profitabilitas Perusahaan Mengendalikan profitabilitas perusahaan karena perusahaan yang lebih menguntungkan cenderung untuk lebih menggunakan prinsip akuntansi konservatis (Wardhani, 2008). Profitabilitas diukur dengan menggunakan ukuran arus kas operasi dibagi dengan rata-rata total asset. 3.1.3.5 Leverage Perusahaan dengan tingkat leverage yang tinggi cenderung memiliki konflik yang lebih besar antara pemegang saham dan pemegang obligasi yang akan mempengaruhi permintaan kontraktual terhadap akuntansi konservatif (Ahmed dan Duellman, 2007). Leverage dihitung dengan total kewajiban jangka panjang dibagi dengan rata-rata total asset. 3.2 Populasi dan Sampel Sampel dipilih dari populasi perusahaan yang sahamnya terdaftar dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia mulai tahun 2005 – 2007. Pengambilan
Image of page 54
sampel dilakukan dengan metode purposive sampling , dengan kriteria sebagai berikut : 1. Terdaftar sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2005 – 2007. 2. Perusahaan bergerak pada industri manufaktur. Alasan diambilnya perusahaan manufaktur adalah untuk memperoleh karakteristik perusahaan yang sama. Selain itu menurut Na’im dan Hartono (1996) dalam Lasdi (2008) model akrual tidak cocok untuk perusahaan non manufaktur. 3. Memiliki nilai buku ekuitas positif. 4. Terdapat kelengkapan data yang dibutuhkan berturut-turut dari tahun 2005 hingga 2007. 5. Laporan keuangan dinyatakan dalam Rupiah. 3.3 Jenis dan Sumber Data Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data-data yang disediakan oleh pihak lain dan tidak berasal dari sumber langsung. Data yang diperoleh berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2005 – 2007. Data sekunder yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD), pojok BEI UNDIP, IDX Statistics dan .
Image of page 55

Subscribe to view the full document.

3.4
Image of page 56
Image of page 57
  • Spring '14

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern