PENERAPAN PENCATATAN KEUANGAN 5.docx

Mengganggu uang usaha maka harus di tentukan berapa

Info icon This preview shows pages 5–8. Sign up to view the full content.

mengganggu uang usaha maka harus di tentukan berapa besar uang bagian (gajian) untuk pribadi. Dengan caranya tentukan gaji yang akan diterima dari bisnis ini dan tentukan prosentase bagian pribadi, misalnya 5% dari total omset. Juga sangat disarankan untuk menentukan setiap tanggal berapa akan diambil bagian pribadi tersebut. Bagian (income) tersebut di pindahkan dari rekening usaha ke rekening pribadi. Penentuan menggunakan cara yang mana ; gaji atau prosentase bagian pribadi bersifat situasional tergantung dari kondisi finansial bisnis yang berjalan dan ada tidaknya income lain (misal gaji). b) Format Pencatatan X. Dalam format pencatatn ada dua penulisan yaitu sebagai berikut: Menyiapkan Dokumen Pendukung Y. Hal penting tapi kadang terlupakan adalah menyiapkan dokumen pendukung dalam melakukan transaksi bisnis, al ; nota penjualan / bon dan tagihan / invoice. Dalam transaksi kecil cukup hanya menggunakan bon / nota penjualan atau bahkan cukup di catat dalam buku penjualan harian. Menyiapkan Buku Pencatatan Z. Dalam menyiapkan buku pencatatan terdiri dari empat buku pencatatan yaitu sebagai berikut: o Pencatatan Kas / Uang kas Keluar Masuk
Image of page 5

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

6 AA. Pencatatan yang paling dasar / basic apapun bisnisnya adalah menggunakan buku kas. Dengan buku kas ini kita bisa mengetahui seberapa besar uang masuk, dan berapa besar uang yang keluar. Kita juga mengetahui saldo kas yang tersisa. Sehingga kita lebih hati-hati dalam menggunakan uang untuk keperluan lain AB. AC. o Pencatatan Piutang AD. Tidak selamanya pembelian dilakukan secara tunai, ada juga yang dilakukan secara kredit atau di bayarkan nanti. Dalam kasus seperti ini, maka kita harus mencatatnya dalam Buku Piutang. Sehingga kita tidak lupa siapa saja yang berpiutang kepada kita, berapa besar piutangnya serta telah melakukan pembayaran seberapa besar. Dan juga yang penting, dengan catatan piutang ini kita bisa memonitor sudah berapa lama piutang tersebut tidak tertagih. Kita harus bisa mempercepat periode penarikan piutang, jangan sampai penjualan banyak tapi kebanyakan dalam bentuk piutang, karena akan mengganggu cash flow bisnis. Hal lain yang penting dan kadang dilupakan dalam melakukan piutang, yaitu kita harus mencatat lengkap data pemilik piutang untuk memudahkan kita nanti dalam melakukan penagihan ; Nama Lengkap, Alamat yang jelas dan nomor telepon yang bisa di hubungi. o Pencatatan Hutang AE. Dalam bisnis, nama baik adalah modal kita, kita harus tepat waktu bayar hutang. Sehingga nama kita akan semakin di percayai oleh para rekan bisnis. Selain itu, dengan melakukan pencatatan hutang maka kita terhindar dari membayar 2 kali atau lebih bayar hutang kita. AF. c) Buat Estimasi Uang Kas Masuk dan Keluar AG. Dalam mengelola uang bisnis kita harus membuat bujet setiap pos uang masuk dan pos uang keluar. Kemudian kita melakukan estimasi arus kas atau cash flow projection . Berikut merukan alasan mengapa estimasi cash flow ini penting : Mengetahui rencana uang yang masuk kapan (dari piutang atau sales) dan seberapa besar.
Image of page 6
7 Mengetahui estimasi biaya biaya atau uang kas yang harus keluar, misalnya gaji, bayar listrik, telepon, dll.
Image of page 7

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Image of page 8
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '06
  • Dosen FMIPA

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern