Unsur kebudayaan tidak pernah didifusikan secara

This preview shows page 13 - 15 out of 54 pages.

unsur kebudayaan tidak pernah didifusikan secara terpisah, melainkan senatiasa dalam suatu gabungan atau kompleks yang terpadu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji sejauh mana pengaruh gaya arsitektur Hindu pada masjid Sulthoni Plosokuning di Sleman, Yogyakarta. Untuk mendapatkan hasil dan analisa yang tepat, diperlukan teori-teori yang dapat melandasi dan mendukung analisa dan pengambilan kesimpulan pada penelitian ini. Teori teori yang digunakan adalah teori yang sudah ada terlebih dahulu dan berhubungan dengan penelitian ini. Teori yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1). Teori Akulturasi Sejak dahulu kala dalam sejarah kebudayaan manusia ada gerak migrasi, gerak perpindahan dari suku-suku bangsa di muka bumi yang menyebabkan pertemuan antara kelompok-kelompok manusia dengan kebudayaan yang berbeda-beda dan sebagai akibatnya individu-individu dalam kebudayaan itu di hadapkan dengan kebudayaan asing Koentjaraningrat (1990). Menurut Salura (2010), percampuran budaya tentu mempunyai akibat pada bidang arsitektur yang sering digunakan adalah istilah akulturasi arsitektur. Kata akulturasi pertama kali muncul dalam percakapan Plato sekitar abad 4BC. Kata ini dihubungkan
Image of page 13

Subscribe to view the full document.

9 dengan kecenderungan manusia untuk meniru orang lain yang ditemui dalam perjalanan, sehingga unsur-unsur kebudayaan asing ini lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri. Melihat dari beberapa definisi dapat diperoleh kesimpulan bahwa akulturasi merupakan sebuah proses sosial dimana dua atau lebih kebudayaan bertemu dan saling memengaruhi satu sama lain tanpa menghilangkan identitas satu sama lain. Dalam pandangan arsitektur, akulturasi merupakan sebuah wujud percampuran kebudayaan yang tercermin dan dapat terilihat dari wujud bangunan sebagai bentuk dari kebudayaan yang terdapat pada suatu daerah, dengan tidak menghilangkan kepribadian dari budaya lokal maupun budaya pendatangnya. (2). Gaya dalam arsitektur Gaya atau langgam arsitektur adalah prinsip-prinsip yang mendasari perwujudan sebuah bentukan bangunan. Sebuah gaya dapat mencakup unsur-unsur seperti bentuk, metode konstruksi, bahan, dan karakter daerah. Kebanyakan arsitektur dapat diklasifikasikan sebagai kronologi gaya yang berubah dari waktu ke waktu, hal ini mencerminkan perubahan mode atau munculnya ide-ide dan teknologi baru, sehingga muncul gaya baru dari sebelumnya. Kebudayaan Jawa merupakan bagian dari rangkaian lebih kurang 500 kebudayaan daerah yang menyusun kebudayaan Nusantara. Secara umum kebudayaan Jawa dikenal sebagai kebudayaan yang berkembang di lingkungan keraton di pedalaman Jawa yakni Keraton di Yogyakarta dan Surakarta (Koentjaraningrat, 1984).
Image of page 14
Image of page 15
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes