Penelitian Hutang Menurut Islam.docx

Apabila ditinjau dari segi keabsahannya tradisi

This preview shows page 6 - 9 out of 12 pages.

yang diajarkan agama Islam. Apabila ditinjau dari segi keabsahannya, tradisi praktek hutang piutang pada dasarnya termasuk urf shahih, dimana dalam transaksi ini
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

7 mengandung unsur tolong menolong terhadap orang yang membutuhkan. Yaitu pihak pemberi hutang ( kreditur) menghutangi orang yang berhutang ( debitur ) dengan sejumlah uang sesuai dengan permintaan debitur. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat al- Maidah ayat 2 yaitu: “...Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah kamu tolong menolong tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksanya”. Selain hal tersebut, praktik hutang piutang yang dilakukan Masyarakat Desa Watohari ini ada batas waktunya dan apabila sudah jatuh tempo dan hutangnya belum lunas maka kreditur akan memberikan waktu sampai debitur sudah mampu melunasi hutangnya. dikatakan berakhir apabila debitur sudah melunasinya. Praktek bunga hutang piutang yang dilakukan masyarakat Desa Watohari ini bisa di katakan „urf fasid, yaitu urf yang bertentangan dengan hukum Islam. Karena jumlah nominal uang yang dipinjam tidak sama dengan jumlah nominal ketika melunasinya. Sehingga transaksi hutang piutang ini menyalahi pengertian dari hutang itu sendiri. Pengertian dari qardh adalah pemberian harta kepada orang lain yang dapat ditagih atau diminta kembali atau dengan kata lain meminjamkan tanpa mengharapkan imbalan. 95 Seperti firman Allah surat Al-Baqarah ayat 245 “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipAat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan”.
Image of page 7
Selain itu praktek hutang piutang di Desa Watohari ada kesepakatan antara kreditur dan debitur, bahwa pada saat pengembalian hutang harus ada tambahan atau jumlah nominal yang dipinjam tidak sama dengan jumlah nominal saat melunasinya. Praktek hutang piutang yang dilakukan di Desa Watohari akan lebih baik jika sejalan dengan ajaran Islam. Dengan begitu praktek hutang piutang ini tetap berlangsung tanpa adanya tambahan dalam pengembalian hutang. C. Analisis „ Urf Terhadap Tradisi Hutang Piutang Para ulama ushul fiqh menyatakan bahwa „ urf dapat dijadikan sebagai salah satu dalil dalam menetapkan hukum syara , jika memenuhi syarat sebagai berikut: a. Urf yang bersifat umum baik yang bersifat khusus dan umum maupun yang bersifat perbuatan dan ucapan. Transaksi hutang piutang ini berlaku untuk umum bagi siapa saja yang membutuhkan. b. „Urf telah memasyarakat ketika kasus yang ditetapkan hukumnya muncul. Tradisi hutang dengan penambahan (riba) merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak lama bahkan sampai saat ini masih ada yang melakukan tradisi ini. Bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Image of page 8

Subscribe to view the full document.

Image of page 9
  • Summer '19

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern