Sejak era reformasi pada 1998 bahasa Indonesia mengalami penurunan minat

Sejak era reformasi pada 1998 bahasa indonesia

This preview shows page 30 - 32 out of 185 pages.

Sejak era reformasi pada 1998, bahasa Indonesia mengalami penurunan minat mempelajarinya di beberapa negara di dunia. Minat orang asing belajar bahasa Indonesia dipicu oleh kondisi pengajaran bahasa Indonesia yang belakangan ini menunjukkan gejala penurunan, baik dari aspek intensitas penyelenggaraan, jumlah peminat, maupun kualitas pengajarannya. Penurunan intensitas penyelenggaraan pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, akibat sistem politik di negara-negara asing tersebut dan kurangnya sumber daya manusia pengajar bahasa Indonesia untuk orang asing. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya mengembangkan pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing, misalnya dengan pemasyarakatan alat uji bahasa Indonesia yang disebut Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Pusat Bahasa juga melakukan upaya- upaya pengembangan lain, misalnya dengan membuka pusat-pusat kebudayaan Indonesia di beberapa negara. Pusat Kebudayaan ini sekaligus sebagai ajang promosi Indonesia pada masyarakat dunia. Saat ini pusat kebudayaan Indonesia itu sudah diupayakan didirikan di Canbera Australia, Los Angles AS, dan Washington DC, AS. 4.1.6 Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia Sejak masa perkembangan awal sampai kini bahasa Indonesia memiliki beberapa jenis ejaan sebagai berikut. Ejaan van Ophuijsen Ejaan ini merupakan ejaan bahasa Melayu dengan huruf Latin. Charles Van Ophuijsen yang dibantu oleh Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim menyusun ejaan baru ini pada tahun 1896. Pedoman tata
Image of page 30
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 1| Uraian Materi Pembelajaran 26 Modul 1 bahasa yang kemudian dikenal dengan nama ejaan van Ophuijsen itu resmi diakui pemerintah kolonial pada tahun 1901. Ciri-ciri dari ejaan ini yaitu: 1) Huruf ï untuk membedakan antara huruf i sebagai akhiran dan karenanya harus disuarakan tersendiri dengan diftong seperti mulaï dengan ramai. Juga digunakan untuk menulis huruf y seperti dalam Soerabaïa. 2) Huruf j untuk menuliskan kata-kata jang, pajah, sajang, dsb. 3) Huruf oe untuk menuliskan kata-kata goeroe, itoe, oemoer, dsb. 4) Tanda diakritik, seperti koma ain dan tanda trema, untuk menuliskan kata- kata ma’moer, ’akal, ta’, pa’, dsb. Ejaan Republik Ejaan Republik diresmikan 19 Maret 1947 menggantikan ejaan Van Ophuijsen. Ejaan ini juga dikenal dengan nama ejaan Soewandi karena dibuat oleh sebuah tim yang dipimpin Mr. Soewandi. Ciri-ciri ejaan ini yaitu: 1) Huruf oe diganti dengan u pada kata-kata guru, itu, umur, dsb. 2) Bunyi hamzah dan bunyi sentak ditulis dengan k pada kata-kata tak, pak, rakjat, dsb. 3) Kata ulang boleh ditulis dengan angka 2 seperti pada kanak2, ber-jalan2, ke-barat2-an. 4) Awalan di- dan kata depan di kedua-duanya ditulis serangkai dengan kata yang mendampinginya.
Image of page 31
Image of page 32

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes