Besi fero Fe 2 mengendap sebagai padatan fero hidroksida yang berwarma hijau

Besi fero fe 2 mengendap sebagai padatan fero

This preview shows page 7 - 9 out of 20 pages.

mempengaruhi pemilihan sistem pengolahan AMD. Besi fero (Fe 2+ ) mengendap sebagai padatan fero hidroksida yang berwarma hijau kebiruan pada pH > 8.5. Dengan adanya oksigen, besi fero akan teroksidasi menjadi besi feri (Fe 3+ ), dan feri hidroksida membentuk padatan berwarna oranye kekuningan (biasanya disebut yellow boy ), yang mengendap pada pH > 3,5. Sebuah cara yang lebih efisien untuk mengolah air asam tambang (AMD) adalah pertama melakukan proses aerasi dan juga untuk menghilangkan gas CO 2 ( outgassing CO 2 ), yang akan menyebabkan konversi zat besi dari besi fero (Fe 2+ ) ke besi feri (Fe 3+ ), dan kemudian menambahkan bahan kimia untuk netraliasi untuk meningkatkan pH sampai 8 untuk membentuk feri hidroksida. Proses aerasi setelah penambahan bahan kimia juga mempunyai keuntungan karena konversi besi ferro ke besi feri tergantung pH dan reaksinya lebih cepat pada pH 8. Aerasi sebelum dan setelah pengolahan biasanya mengurangi jumlah bahan kimia yang diperlukan untuk mengendapkan Fe di dalam air.
Image of page 7
Nusa Idaman Said : Teknologi Pengolahan Air Asam Tambang Batu bara “ Alternatif ….. JAI Vol.7 No. 2, 2014 126 Aluminium hidroksida umumnya mengendap pada pH > 5,0, tetapi akan larut kembali pada pH 9,0. Pengendapan Mangan hidroksida adalah bervariasi sesuai dengan tingkat oksidasinya, tetapi pada umumnya akan mengendap pada pH 9,0-9,5. Namun untuk beberapa kasus, kadang-kadang diperlukan pH 10,5 agar penghilangan Mn dalam air dapat dilakukan dengan sempurna. Penghilangan Mn secara sempurna dalam prakteknya relatif sangat sulit untuk dicapai. Kondisi pH tinggi untuk penghilangan mangan tersebut dapat menyebabkan larutnya kembali Al ke dalam air. Untuk pengolahan air dengan konsentrasi Mn dan Al yang tinggi, mungkin diperlukan sistem pengolahan dua fasa. Seperti telah diterangkan sebelumnya, pengolahan secara kimia yang tepat sangat tergantung pada tingkat oksidasi dan konsentrasi logam yang ada di dalam air asam tambang (US Environmental Protection Agency 1983). Interaksi di antara logam-logam juga mempengaruhi kecepatan dan sejauh mana pengendapan logam terjadi. Misalnya, pengendapan ferri hidroksida akan menghilangkan sebagian besar Mn dalam air pada pH 8 karena adanya co- precipitation , tetapi hal ini terjadi hanya jika konsentrasi Fe dalam air jauh lebih besar daripada konsentrasi Mn (sekitar 4 kali lebih banyak atau lebih besar). Jika konsentrasi Fe dalam AMD kurang dari empat kali lipat dari konsentrasi Mn, Mn mungkin tidak dapat dihilangkan oleh co-presipitasi dan perlu pH 9 untuk menghilangkan Mn. Karena AMD berisi beberapa kombinasi keasaman dan logam, maka tiap-tiap AMD adalah unik dan pengolahannya dengan bahan kimia tersebut bervariasi secara luas di berbagai tempat. Sebagai contoh, AMD dari satu tempat mungkin akan benar-benar dinetralisir dan tidak mengandung logam terlarut pada pH 8.0, sedangkan di tempat lain mungkin masih memiliki konsentrasi logam dengan konsentrasi melebihi baku mutu, bahkan setelah pH air dinaikkan sampai pH 10.
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 20 pages?

  • Winter '20

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes