Arsitektur merupakan sebuah indikator yang dapat

This preview shows page 6 - 8 out of 54 pages.

Arsitektur merupakan sebuah indikator yang dapat mengidentifikasi budaya, setiap daerah memiliki tipe dan bentuk arsitektur yang berbeda-beda sesuai dengan keadaan alam dan kebudayaan yang dimilikinya. Dengan melihat perkembangan dan sosok dari naungan yang dimiliki oleh penduduk setempat, dapat ditelusuri makna dan nilai-nilai yang dimiliki oleh masyarakat pada daerah itu. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang kental nuansa kebudayaannya. Sebagai daerah kesultanan yang masih dipertahankan hingga sekarang, Yogyakarta memiliki langgam arsitektur masyarakat Jawa yang jelas. Keberadaan Yogyakarta yang berbatasan dengan samudra Hindia menyebabkan kota Yogyakarta merupakan salah satu kota pertama yang disinggahi oleh para pendatang. Banyaknya pendatang yang singgah di kota Yogyakarta tentu saja membawa pengaruh asing bagi kebudayaan yang terdapat pada daerah setempat. Pengaruh tersebut lambat laun mulai diteriman dan bercampur dengan kebudayaan setempat. Proses akulturasi kebudayaan ini pun tercermin dalam wajah arsitektur kota Yogyakarta. Proses akulturasi di Yogyakarta bukan hanya melibatkan satu atau dua pengaruh kebudayaan yang datang ke negri ini. Semenjak zaman Majapahit terdapat beberapa macam pengaruh kebudayaan yang dibawa oleh para pendatang contohnya Hindu, Cina, Arab dan Kolonial. Pengaruh-pengaruh ini lambat laun mulai menyebar pada kota-kota di daerah pesisir seperti Lasem, Tuban dan Gresik. Proses akulturasi yang terjadi pada kota- kota di pesisir pulau jawa ini lambat laun merambat ke daerah yang lebih dalam seperti Yogyakarta. Arsitektur kota Yogyakarta yang masih kental dengan budaya Jawa, terlihat bahwa pengaruh budaya Cina, Arab dan Kolonial tidak terlalu signifikan. Namun, bila ditelusuri
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

2 tipo morfologi dan ciri yang ditunjukkan oleh bangunan dengan gaya arsitektur Jawa, dapat terlihat adanya pengaruh-pengaruh dari budaya Hindu yang tertanam pada wujud- wujud bangunan dengan budaya Jawa. Pada zaman kejayaannya, keraton Yogyakarta mendirikan lima masjid yang menandakan daerah kekuasannya. Masjid-masjid tersebut dinamakan dengan Masjid Pathok Negara. Masjid Pathok Negara ini juga merupakan masjid-masjid yang dibangun sebagai pemimpin-pemimpin dan tempat untuk menganut agama Islam untuk penduduk dalam daerah kekuasaan Keraton Yogyakarta. Masjid-masjid Pathok Negara memiliki langgam khas masjid awal Jawa yang bila diperhatikan dengan seksama memiliki pengaruh dari gaya arsitektur Hindu, hal yang menarik terjadi ketika sebuah budaya dari suatu agama bergabung dengan budaya dari agama lain untuk kemudian menghasilkan sebuah bangunan peribadatan sebuah agama yang memiliki campuran dari agama lain. Masjid Sulthoni Plosokuning merupakan salah satu dari 5 (lima) masjid Pathok Negara Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat. Sebagai masjid kesultanan, arsitektur dalam masjid ini juga dapat dijadikan sebagai referensi sejarah yang dialami oleh kesultanan Yogyakarta. Masjid Sulthoni Plosokuning memiliki pengaruh gaya arsitektur Hindu,
Image of page 7
Image of page 8
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes