Kesepian dan kebosanan yang disebabkan oleh rasa

  • No School
  • AA 1
  • 9

This preview shows page 3 - 6 out of 9 pages.

terutama pada ketergantungan fisik dan ekonomi, sakit yang kronis. Kesepian dan kebosanan yang disebabkan oleh rasa tidak diperlukan. Ketidakbahagiaan tersebut juga bisa disebabkan karena kondisi lingkungan, kurangnya perawatan, perhatian maupun kepedulian dari orang orang di sekitar lansia, terutama keluarga. Padahal usia lanjut juga dikatakan usia emas, karena tidak semua orang dapat mencapai usia tersebut, maka orang yang berusia lanjut memerlukan perawatan agar ia dapat menikmati masa usia emas serta menjadi usia lanjut yang berguna dan bahagia (Maryam, 2008). Menurut Buhler (dalam Suadirman, 2011) dalam hal kebahagiaan pada lansia, siapa yang lebih bahagia dia antara usia lanjut yang berada di kursi roda, yang sedang menulis biografi dan sedang menangkap ikan?. Keduanya bisa menjadi bahagia dan keduanya bisa tidak bahagia. Karena kebahagiaan dan kepuasan hidup pada lansia adalah kondisi positif yang ditujunya serta terpenuhinya kebutuhan fisik maupun psikis. Kebutuhan fisik pada lansia berupa sandang, papan, pangan, kesehatan dan upaya untuk memepertahankan hidup dan reproduksi, kemudian kebutuhan psikis pada lansia adalah terpenuhinya kebutuhan akan kasih sayang, cinta dan perhatian. Menjadi tua ( aging ) merupakan proses perubahan biologis secara terus menerus yang dialami manusia pada semua tingkatan umur dan waktu, sedangkan usia lanjut ( old age ) adalah istilah untuk tahap akhir dari proses penuaan tersebut. Di Indonesia hal hal yang terkait dengan usia lanjut diatur dalam suatu undang- undang yaitu Undang-undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 1998 tentang
Image of page 3
4 Kesejahteraan Lanjut Usia, pasal 1 ayat 2 yang menyatakan bahwa yang dimaksud lanjut usia adalah seseorang yang berusia 60 tahun ke atas (Suadirman, 2011). Jika dilihat secara keseluruhan, biasanya seorang yang sudah lansia menghabiskan masa tuanya untuk bersantai dengan keluarga, menggendong dan mengasuh cucu serta menikmati segala hal baik itu materi atau prestasi yang didapatkan sewaktu muda. Namun faktanya, diluar sana masih banyak sekali lansia yang masih bekerja, dan bahkan pekerjaan itu tergolong pekerjaan berat, contohnya sebagai pedagang asongan. Pekerjaan sebagai pedagang asongan tergolong berat karena lansia menjual dagangannya dengan berjalan kaki, bersepeda, mendorong gerobak keliling kampung, atau dari sekolah satu ke sekolah lainnya dan bahkan berjualan keluar kota. Untuk lansia yang bekerja sebagai pedagang asongan tersebut, pasti membutuhkan tenaga ekstra dan kondisi fisik yang sehat, karena adanya cuaca yang panas atau hujan lebat serta kondisi lalu lintas yang ramai dengan banyaknya kendaraan. Tapi kenapa masih banyak lansia yang melakukan pekerjaan tersebut, apa mereka merasa bahagia dengan kondisi tersebut?, apa yang mendasari para lansia tersebut untuk tetap bekerja sebagai pedagang asongan?, dan bagaimana tanggapan keluarga lansia tersebut mengenai pekerjaan yang dilakukan?, Berikut hasil wawancara terhadap beberapa pedagang asongan:
Image of page 4
5 Tabel I Data Awal Mengenai Makna Kebahagiaan Pada Lansia yang Bekerja sebagai Pedagang Asongan.
Image of page 5
Image of page 6

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 9 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors