Masjid ini menandai batas batas kekuasaan keraton

This preview shows page 25 - 27 out of 54 pages.

dapat ditentukan ciri khas dan pengaruh bangunan candi kepada bangunan lainnya di Jawa. Masjid ini menandai batas-batas kekuasaan keraton Yogyakarta yang memiliki gaya arsitektur Jawa dengan pengaruh gaya arsitektur Hindu yang merupakan bangunan peribadatan Islam. Bentuk-bentuk gaya Arsitektur Islam seperti kubah masjid tidak terlihat pada Arsitektur awal masjid Jawa. Pengaruh gaya arsitektur Hindu pada masjid ini dapat dilihat dari elemen-elemen arsitektur yang mempertegas identitas gaya arsitektur Hindu dan Jawa yang memiliki prinsip seperti : desain, orientasi bangunan, tatanan massa, sosok bangunan, material, elemen arsitektur, pola tata ruang dan ragam hias. 4.1. Sumbu bangunan Sumbu merupakan sarana paling mendasar dalam pengaturan bentuk dan ruang arsitektural. Sumbu merupakan suatu garis maya yang dihasilkan oleh dua buah titik pada suatu ruang, dimana bentuk dan ruang tersebut dapat disusun disekitarnya baik secara teratur maupun tidak teratur. Pajupat mempengaruhi gaya arsitektur Jawa dengan orientasi bangunan yang menghadap ke arah utara selatan. Masyarakat Jawa beranggapan bahwa arah mata angin memiliki pengaruh terhadap kehidupan orang sesuai dengan neptu-nya masing-masing. Berbeda dengan gaya arsitektur Hindu dan Jawa yang memiliki arah orientasi utara-selatan, arah barat merupakan qiblat bagi umat Islam dan merupakan orientasi utama pada bangunan keagamaan dengan fungsi bangunan masjid ini.
Image of page 25

Subscribe to view the full document.

21 Pada denah masjid ini ditemukan dua garis sumbu yang membangi bangunan sesuai dengan prinsip dualisme dalam gaya arsitektur Jawa. Garis sumbu denah membagi masjid menjadi kanan dan kiri serta depan dan belakang sesuai dengan fungsi ruang dalam masjid sebagai tempat ibadah dan serambi untuk berkumpul, pembagian ini juga terlihat pada pola pembagian ruang pada rumah tradisional Jawa, bagian depan (pendopo) sebagai tempat berkumpul dan bagian belakang (senthong) sebagai area privat dan sakral. Tabel 4.1. Gambar dan foto yang menunjukkan dan mempertegas sumbu bangunan Gambar4.1. Sumbu pada tapak yang berasal dari gerbang menuju arah kiblat Gambar 4.2. Gerbang utama masjid yang mengarah langsung pada bangunan masjid Gambar 4.3. Sumbu pada denah masjid Gambar 4.4. Shaf sholat yang mengarah pada mimbar Table 4.2. Analisa sumbu bangunan Arsitektur Jawa Arsitektur Hindu Masjid Sulthoni Plosokuning Memiliki sumbu kosmis Pajupat sehingga memiliki orientasi kearah utara- selatan. Memiliki sumbu pada empat arah mata angin. Sumbu diperkuat dengan adanya candi perwira dan empat buah pintu masuk. Memiliki sumbu yang menghubungkan antara gerbang masuk utama dengan mihrab pada arah barat tapak sebagai qiblat. Hal ini berkenaan dengan fungsinya sebagai tempat beribadah umat Islam. 4.2. Simetri bangunan Tapak masjid ini merupakan sebidang tanah berbentuk bujur sangkar yang dibagi menjadi dua bagian untuk masjid dan pemakaman. Pada zoning masjid terdapat massa masjid dan massa taman kanak-kanak, pada bagian pemakaman terdapat beberapa massa kecil yang merupakan naungan atau rumah-rumah kecil yang dibangun untuk makam tertentu, dengan tatanan ruang pada masjid ini memiliki ruang yang terbagi-bagi berdasarkan fungsinya.
Image of page 26
Image of page 27
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes