sesungguhnya Allah benar benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa Islam sebagai sebuah

Sesungguhnya allah benar benar maha kuat lagi maha

This preview shows page 9 - 11 out of 19 pages.

sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa Islam sebagai sebuah agama dan ideologi, akan dapat dilaksanakan secara utuh apabila “ tiga asas penerapan hukum Islam”(Hafidz Abdurrahman, 1998) ada di dalam kehidupan umat, yaitu ; (1) Ketaqwaan individu yang mendorongnya untuk terikat kepada hukum syara’, (2) Kawalan masyarakat, dan (3) Negara Islam yang menerapkan syari’at Islam secara utuh. Apabila salah satu asas ini telah runtuh, maka penerapan syari’at Islam dan hukum-hukumnya akan mengalami penyimpangan, dan akibatnya Islam sebagai sebuah agama dan ideologi tidak akan ada lagi. Islam telah menegaskan kedudukan khalifah kaum muslimin sebagai ra’in (pengembala) yang bertanggungjawab keatas ra’iyah (gembala)-nya. Apabila ada yang sakit, kelaparan, terjadi pergaduhan antara satu gembala dengan gembala yang lainnya, atau apabila ada gembalanya yang dizalimi oleh gembala yang lainnya, dan begitu seterusnya, semuanya merupakan tanggungjawab penggembala (khalifah). Yang wajib ia selesaikan dengan baik, yaitu dengan menghukumi masing- masing “gembala” tersebut dengan hukum syara’. Sebagaimana sabda Rasullah saw : “Kamu semuanya adalah penanggungjawab keatas gembalanya. Maka, pemimpin adalah pengembala, dan dialah yang selalu bertanggungjawab keatas gembalanya”. ( HR.ahmad Bukhari, muslim, Abu Dwud dan At Turmizi dari Ibnu Umar). (Al-Jami’As-Shaghir,As- Suyuthi,II/289;hadist nomor 6370.) Hadist di atas menerangkan kedudukan khalifah dan negara Islam, yang menerapkan hukum Islam. Oleh karena itu, apabila khalifah dan negara Islam ini wujud, di samping ketaqwaan individu, masyarakat dan pemerintah (khalifah dan para pembantunya), niscaya semua hukum Islam akan dapat diterapkan secara utuh. Sebagai sebuah ideologi bagi sebuah negara, masyarakat serta kehidupan, Islam telah menjadikan negara beserta kekuasaannya sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari eksistensi Islam. Islam telah memerintahkan kaum muslimin agar mendirikan negara dan pemerintahan, serta memerintah berdasarkan hukum- hukum Islam. Ada berpuluh-puluh ayat Al-Qur’an yang menyangkut masalah pemerintahan dan kekuasaan itu diturunkan. Ayat-ayat tersebut memerintahkan kaum muslimin agar menjalankan pemerintahan berdasarkan apa yang diturunkan oleh Allah SWT. Allah SWT berfirman : Maka Putuskanlah perkara menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu “ (QS.Al-Maidah : 48). Dan barang siapa yang tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir “.( QS.Al-Maidah ; 44 ). Dan barang siapa yang tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang dzalim “ (QS.Al-Maidah ; 45) Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Vol. 1, No. 1, 2011 88
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

“Dan barang siapa yang tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.” (QS.Al-Maidah ; 47) “ Dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil “ (QS.An-Nisa’ ; 58).
Image of page 10
Image of page 11
  • Spring '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes