Kelompok_5_JARTEL_2016_reg_Jamiat_Khairul

Disebabkan keterbatasan manusia sebagai operator

This preview shows page 7 - 9 out of 27 pages.

dan tepat. Disebabkan keterbatasan manusia sebagai operator mendorong para perancang lebih memusatkan perhatian pada upaya pengembangan sistem, teknik, maupun teknologi peralatan penyambungan yang dapat lebih diandalkan dalam kecepatan dan ketepatan yang diperlukan. Hingga kini berbagai sistem dan teknik penyambungan otomatis telah dikembangkan,sehingga kadang-kadang satu sama lain ”tak tampak” persamaannya sama sekali, berbeda dengan sistem penyambungan manual yang lebih kurang telah bersifat standart dari pabrik ke pabrik. 2.4 Jaringan Interlokal Fasilitas suatu jaringan interlokal direncanakan untuk memenuhi kebutuhan sirkit interlokal. Perkiraan kebutuhan sirkit interlokal antara 2 sentral ditentukan atas dasar pengumpulan dan analisa dari data lalu lintas sehari-hari. Seperti pada operasi secara nasional akan menjelaskan kesibukan distribusi lalu lintas. Memang benar lalu lintas tidak sama dibagi-bagikan. Pada tiap daerah ada sebuah pusat kota dan beberapa kota satelit yang berhubungan dekat dengan pusat kota, secara politis, ekonomis, dan geografis. Selanjutnya group-group tersebut membentuk blok dan akhirnya terdapatlah pusat kota dalam blok tersebut. Jaringan telepon interlokal merupakan fasilitas saluran interlokal yang harus dibentuk memenuhi sifat kebutuhan lalu lintas, guna menghubungkan semua kota dalam suatu Negara dengan sirkit-sirkit yang penting dan mencukupi. Pada umumnya sebuah jaringan atau saluran interlokal itu panjang dan banyak peredaman. Hubungan tandem yang sederhana dari pada sirkit-sirkit dasar tidaklah menjadikan sebuah sirkit interlokal, situasinya tidak sama dengan saluran langganan. 2.4.1 Per-multipleks-an (multiplexing) Sebuah saluran intelokal yang panjang dalam gawang membutuhkan banyak sirkit dan fasilitas, maka penggunaan pair haruslah effisien. Perbanyakan (multiplexing) terpikir untuk menggunakan sebuah pair lebih ekonomis sebagai saluran (channel) untuk lebih banyak sirkit. Sistem FDM (Frequency Division Multiplex) adalah salah satu jalan multiplexing. Hal itu sama seperti memperlebar jalan satu jurusan guna dapat menampung lalu lintas kendaraan yang lebih banyak. Ini merupakan sebuah sistem untuk membawa sejumlah
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

frekuensi bicara dalam arus pembawa (carrier current) yang frekuensinya lebih besar dari pada frekuensi suara. Sejak meningkatnya kerugian arus saluran dalam frekuensi arus pembawa, maka dipasanglah repeater pada tiap sektor (amplifier dengan transistor) pada jarak tertentu sepanjang saluran guna menghilangkan peredaman tanda-tanda arus pembawa yang berubah. Jika jumlah sirkit atau saluran yang mengalir dalam sebuah pair meningkat, maka jumlah arus pembawa juga meningkat dan maksimum frekuensi carrier menjadi besar. Repeater haruslah dipasang pada jarak yang lebih pendek lagi guna mengkonpenser kerugian arus saluran yang meningkat pada frekuensi carrier yamg besar. Multiplexing tidak selamanya ekonomis, jika multiplexing yang berlebihan diterapkan dengan tujuan menggunakan saluran secara ekonomis, memerlukan terlalu banyak fasilitas repeater.
Image of page 8
Image of page 9
  • Summer '16
  • Neilcy

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern