Wujud dinding masjid ini lebih lebar daripada dinding

This preview shows page 36 - 39 out of 54 pages.

Wujud dinding masjid ini lebih lebar daripada dinding pada candi pada umumnya dan menunjukkan hubungan manusia dengan tuhan dan hubungan manusia dengan manusia. Meskipun sebagai tempat ibadah masjid harus mengusung vertikalisme sebagai lambang hubungan antara manusia dengan tuhan, namun kehorizontalan juga diperlukan karena dalam Islam, seluruh manusia sama derajatnya di mata Allah. Wujud badan pada masjid ini berupa jajaran kolom-kolom memiliki kesan terbuka seperti pada dinding candi kayu. Serambi masjid yang terletak pada bagian depan masjid, sekaligus menjadi tampak masjid memiliki kesan terbuka berkenaan dengan fungsi serambi pada kaidah masjid itu sendiri yakni untuk berkumpul, belajar dan bermusyawarah. 4.10. Lantai bangunan Masjid ini memiliki proporsi kaki yang lebih kecil dibanding proporsi badan dan kepalanya, dapat dikatakan bahwa wujud kaki masjid merupakan peninggian level bangunan karena bangunan berdiri diatas kolam untuk mencegah air kolam mencpai bagian dalam bangunan. Perwujudan horizontalisme pada bangunan masjid ini meliputi pengolahan pada ketinggian lantai.
Image of page 36

Subscribe to view the full document.

32 Tabel 4.18. Foto bagian kaki/alas bangunan masjid Gambar 4.21. Kaki pada masjid Sulthoni Plosokuning Table 4.19. Analisa elemen arsitektur No Elemen Arsitektur Jawa Arsitektur Hindu Masjid Sulthoni Plosokuning 1. Kepala Menggambarkan hubungan manusia-Tuhan Berbentuk atap-atap khas jawa, joglo, panggang pe dan pelana Menggambarkan hubungan pada dewa-dewa. Berbentuk atap tajug dengan susunan ganjil Menggambarkan hubungan dengan Tuhan Memiliki atap tajuk bertumpang dua 2. Badan Menggambarkan hubungan manusia-manusia Sebagai penyeimbang proporsi keseluruhan candi Mencerminkan hubungan sesama manusia Memiliki kesan terbuka Memiliki kesan terbuka dan tertutup Memiliki kesan terbuka dan tertutup 3. Kaki Menggambarkan manusia sebagai pribadi Menggambarkan hirarki usaha manusia dalam mencapai kesucian Memisahkan zona suci untuk beribadah Memiliki peninggian elevasi dari tanah (+ tangga) Memiliki peninggian elevasi dari tanah sehingga dibutuhkan tangga Memiliki peninggian elevasi dari tanah sehingga dibutuhkan tangga 4.11. Pola tata ruang bangunan Masjid ini masih mempertahankan pola tata ruang yang dimiliki oleh gaya arsitektur Jawa, dengan serambi yang dipergunakan sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah, ruang utama shalat untuk jamaah laki-laki, ruang shalat jamaah wanita yang terbagi dua dan disebut pawestren , mihrab dan tempat wudhu bagi masing-masing jamaah laki-laki dan perempuan. Perbedaan ketinggian antara tempat wudhu, serambi, pawestren dan ruang sholat utama pada bangunan masjid, dengan perbedaan ketinggian ini memiliki fungsi untuk menunjukkan hirarki pada tiap ruangan.
Image of page 37
33 Tabel 4.20. Gambar denah dan beberapa zona ruang bangunan masjid Gambar 4.22. Denah dengan beberapa zona ruang masjid Pola ruang dalam gaya arsitektur Jawa memiliki konfigurasi yang membentuk tatanan tiga bagian linier belakang. Bagian depan pendopo , di tengah peringgitan dan yang paling belakang dan terdalam adalah dalem . Bagian dalem sendiri terbagi menjadi
Image of page 38

Subscribe to view the full document.

Image of page 39
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes