hubungan yang kuat di masyarakat konstituennya maka sistem kepartaian dinilai

Hubungan yang kuat di masyarakat konstituennya maka

This preview shows page 15 - 17 out of 28 pages.

hubungan yang kuat di masyarakat konstituennya, maka sistem kepartaian dinilai telah terinstitutionalisasi dengan baik. Dimensi ini pada dasarnya memiliki keterkaitan dengan penjelasan pada dimensi sebelumnya mengenai pola kompetisi partai dalam pemilu. Pola kompetisi partai yang stabil memberikan gambaran bahwa hubungan partai politik yang terbentuk dengan masyarakat pemilihnya juga kuat karena loyalitas yang tinggi akan menciptakan hasil pemilu yang cenderung tak berubah 15 . Tidak stabilnya pola kompetisi partai dan kecenderungan yang tinggi bagi pemilih dalam pemilu untuk mengubah pilihannya memperlihatkan bahwa hubungan yang mengakar antara partai dan konstituennya tidak terbentuk. Dengan kata lain, tidak terbangun loyalitas pemilih terhadap partai. Tentu saja pemilih loyalis partai tetap ada, namun banyak juga, bahkan mungkin lebih banyak, yang bukan loyalis partai. Banyak juga diantara pemilih saat ini merupakan loyalis terhadap elit partai atau tokoh politik tertentu; sehingga ketika elit tersebut mendirikan partai baru, para loyalisnya akan memilih partai baru tersebut. Oleh karena itu, sebagai contoh, tidak lah mengherankan ketika 4,62% pemilih Golkar beralih memilih Partai Gerindra dan 2,8% lainnya berpaling mencoblos Partai Hanura pada saat Pemilu 2004. D. Perbedaan Sistem Pilpres 2019 dengan Pilpres Sebelumnya Perbedaan tersebut dibagi menjadi tujuh poin, dan berikut poin-poinnya: 1. Pileg dan Pilpres Digelar Serentak 14 S. Mainwaring & T. R. Scully, Building Democratic Institutions: Party Systems in Latin America, Stanford, (CA: Stanford University Press, 1995) hlm. 4-5. 15 Ibid. 10
Image of page 15
Perbedaan mendasar dari penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 yakni keserentakan. Pada tahun 2014, Pileg dan Pilpres diselenggarakan secara terpisah. Saat itu, Pileg digelar lebih dahulu pada 9 April 2014, sedangkan Pilpres diselenggarakan 3 bulan setelahnya atau pada 9 Juli 2014. Pada Pemilu tahun 2019, Pileg dan Pilpres akan digelar secara serentak dalam satu hari pada Rabu, 17 April 2019. Pemilu secara serentak ini dampak dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam gugatan nomor 14/PUU-XI/2013 yang diputus pada 23 Januari 2014. MK membatalkan Pasal 3 ayat (5), Pasal 12 ayat (1) dan (2), Pasal 14 ayat (2), dan Pasal 112 UU Nomor 42/2008 tentang Pilpres yang mengatur pelaksanaan Pilpres tiga bulan setelah pelaksanaan Pileg alias tidak serentak. Dengan penyelenggaraan Pemilu serentak 2019, nantinya para pemilih harus membawa 5 surat suara sekaligus ke bilik suara untuk dicoblos. Lima surat suara itu untuk memilih anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, anggota DPRD tingkat provinsi, anggota DPR, anggota DPD, serta calon presiden dan wakil presiden. 2. Jumlah Parpol Bertambah Jumlah partai politik (parpol) yang berlaga di Pemilu 2019 dibandingkan Pemilu 2014 juga berbeda. Pada Pemilu 2014 lalu, pemilu diikuti oleh 12 parpol nasional dan 3 parpol lokal Aceh. Sebanyak 12 parpol nasional itu yakni Partai NasDem, PKB, PKS, PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Hanura, PBB, PKPI. Adapun, 3 parpol lokal Aceh yakni Partai Damai Aceh, Partai Nasional Aceh, dan Partai Aceh. Sedangkan pada Pemilu 2019
Image of page 16
Image of page 17

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 28 pages?

  • Spring '15
  • andiansah

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes