Untuk pos pos koleksi yang diakui maka biaya pos pos

This preview shows page 4 - 7 out of 15 pages.

Untuk pos-pos koleksi yang diakui, maka biaya pos-pos koleksi dan hasil penerimaan dari penjualan serta hasil penerimaan dari pengembalian asuransi, disajikan sebagai kenaikan 4
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

atau penurunan dari kelompok aktiva yang sesuai dalam laporan aktivitas, terpisah dari pendapatan, beban, keuntungan dan kerugian. 1.6 Akuntansi Dana Dalam FASB Statement No. 117 tidak mewajibkan penggunaan akuntansi dana dan audit untuk organisasi nirlaba. Tapi banyak organisasi nirlaba yang menggunakan prinsip akuntansi dana untuk tujuan internal dan untuk informasi yang disajikan dalam laporan keuangan, dengan informasi yang disajikan telah mengeliminasi saldo antar dana dan pengungkapan yang berfokus pada organisasi secara keseluruhan. Sumber daya organisasi nirlaba berasal dari kontribusi, bantuan, dan sumber daya lain, dimana penggunaan sebagian sumber daya ini dibatasi untuk kegiatan atau tujuan khusus. Sumber daya yang tidak terikat diperlakukan sebagai dana tidak terikat lancar (unrestricted current fund). Dana yang ditetapkan dewan pengurus (fund balance reserve account) untuk membatasi suatu bagian dari saldo dana untuk tujuan khusus, juga diperlakukan sebagai dana tidak terikat lancar. Dana pendapatan endowment dicatat sebagai pendapatan dari dana tidak terikat lancar. Dana kustodi (custodian fund) merupakan dana keagenan (agency fund), yang meliputi akuntansi aktiva dan kewajiban. 2. PENCATATAN AKUNTANSI PADA ORGANISASI NIRLABA Pada dasarnya, praktIk akuntansi untuk organisasi nirlaba tidak jauh berbeda dengan organisasi bisnis. Hal ini terlihat jelas bahwa aturan akuntansi organisasi nirlaba diatur sebagai bagian dari PSAK no. 45: Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba. Jadi, lebih tepatnya yang diatur adalah pelaporannya, teknis akuntansinya diatur secara mandiri diserahkan kepada entitas masing-masing. Dengan bentuk pelaporan yang sudah diatur dalam PSAK 45, secara tidak langsung pencatatan transaksi akan dibuat oleh entitas mengikuti format laporan yang telah ada. Prinsipnya, pencatatan transaksi organisasi nirlaba dari penerimaan kas, pengeluaran kas, pembelian, penjualan produk/jasa, penyusutan dan transkasksi reguler lainnya tidak ada perbedaan dengan organisasi bisnis, namun yang membuat berbeda adalah organisasi nirlaba tidak ada pihak yang menjadi pemilik, sehingga tidak ada transaksi yang berhubungan dengan perubahan kepemilikan, atau tidak adanya alokasi dana/sumber daya hasil likuidasi ke orang-orang tertentu. Organisasi nirlaba menghasilkan produk/jasa tidak untuk bertujuan mencari laba dan seandainya entitas tersebut menghasilkan laba, tidak akan pernah ada transaksi yang berhubungan dengan pembagian laba kepada pendiri atau pihak-pihak yang mengklaim 5
Image of page 5
sebagai pemilik. Secara teknis pencatatan organisasi nirlaba bisa dilakukan dengan cash basis, accrual basis, maupun modified accrual basis. Berikut ini akan disajikan beberapa contoh transaksi yang terjadi di organisasi nirlaba.
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

Image of page 7
  • Summer '16
  • mankiw

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern