memberikan keuntungan bagi PT Unibindo Pertiwi dan pelanggannya dalam melakukan

Memberikan keuntungan bagi pt unibindo pertiwi dan

This preview shows page 1 - 3 out of 9 pages.

memberikan keuntungan bagi PT Unibindo Pertiwi dan pelanggannya dalam melakukan pemesanan produk tanpa terbatas ruang dan waktu sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan yang akhirnya juga diharapkan dapat meningkatkan keuntungan bagi PT Unibindo Pertiwi.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

194 Sistem E-Commerce pada... (Rudy; dkk) Penelitian dibatasi pada analisis dan perancangan sistem e-Commerce PT Unibindo Pertiwi dan tidak mencakup sistem pembayaran secara online. Tujuan penelitian adalah merancang sistem e-Commerce berdasarkan analisis terhadap sistem pemesanan dan penjualan yang telah ada pada PT Unibindo Pertiwi. Manfaat penelitian, yaitu meningkatkan jumlah pemesanan dan pejualan barang pada PT Unibindo Pertiwi, meningkatkan citra perusahaan, memperluas jangkauan perusahaan dalam mendapatkan konsumen, memudahkan pelanggan memperoleh informasi terbaru mengenai produk yang ditawarkan oleh PT Unibindo Pertiwi, dan memberikan kemudahan melakukan transaksi pemesanan dan penjualan barang yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis yang digunakan, yaitu survei lapangan atau observasi untuk mengetahui proses bisnis yang saat ini sedang berjalan; Wawancara atau interview , dilakukan kepada bagian marketing; Kerangka kerja untuk menganalisis kesempatan pasar; Model Bisnis. Metode perancangan yang digunakan, yaitu formulasi strategi untuk Customer Interface ; Komunikasi pasar dan Branding ; Implementasi; Metrics. PEMBAHASAN Penjualan merupakan penyerahan hak milik barang atau jasa dari penjual ke pembeli sedangkan pembeli akan menyerahkan sejumlah uang sebesar barang atau jasa tersebut, baik secara tunai maupun kredit. Penjualan dapat dibagi menjadi tiga jenis yang ditinjau dari skala ruang lingkup usaha pelanggan. Pertama, Penjualan Retailer , yaitu perusahaan yang menjual barang dan jasa yang dimiliki kepada perusahaan yang skalanya lebih kecil. Kedua, Penjualan Wholesaler , yaitu Perusahaan yang menjual barang dan jasa yang dimiliki kepada perusahaan yang berskala besar. Ketiga, Penjualan Manufacturer , yaitu perusahaan yang menjual barang dan jasa yang dimiliki kepada perusahaan industri. Internet merupakan kumpulan kabel, protokol, dan perangkat keras yang memperbolehkan transmisi data secara elektronik melalui TCP/IP. Bentuk internet merupakan jaringan komputer secara global yang dapat menyebarkan data dan program. Menurut O’Brien (2003:23), e-Commerce adalah proses pembelian dan penjualan serta pemasaran dan pelayanan produk, servis, dan informasi melalui jaringan komputer yang beragam. Penggolongan e-commerce yang lazim dilakukan orang ialah berdasarkan sifat transaksinya. Tipe berikut segera dapat dibedakan, yaitu Business to Business (B2B). Aktivitas dari Business to Business mengarah pada seluruh spektrum dari e-Commerce yang dapat terjadi antara 2 organisasi; Business to Consumer (B2C). Business to Consumer e- Commerce mengarah pada pertukaran antara bisnis dan konsumen; Consumer to Consumer (C2C), merupakan transaksi penjualan/pembelian secara
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes