Petani gandum akan untung apabila harga pasar pada jatuh tempo di bawah harga

Petani gandum akan untung apabila harga pasar pada

This preview shows page 15 - 18 out of 28 pages.

yang sudah ditentukan sebelumnya kepada pembeli kontrak tersebut (Marcus, 2006). Petani gandum akan untung apabila, harga pasar pada jatuh tempo di bawah harga kontrak future tersebut, karena pembeli kontrak harus membayar lebih di atas harga pasar, namun petani gandum akan rugi apabila harga pasar pada jatuh tempo di atas harga kontrak future tersebut. 15
Image of page 15

Subscribe to view the full document.

Perbedaan antara future dan opsi adalah jika pemegang kontrak opsi mempunyai pilihan apakah ia akan melakukan pengiriman atau tidak, sedangkan kontrak future adalah janji pasti untuk mengirimkan gandum pada harga jual tetap. c. Kontrak Forward Adalah persetujuan untuk membeli atau menjual suatu aset di masa depan pada harga yang disepakati. Kontrak forward adalah kontrak future yang disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh penerapan kontrak forward pada perusahaan. Computer Parts Inc., telah memesan chip memori dari pemasoknya di Jepang. Tagihan sebesar ¥53 juta harus dibayar pada tanggal 27 Juli. Perusahaan dapat mengatur dengan banknya saat ini untuk membeli forward jumlah yen ini untuk pengiriman 27 Juli pada harga forward ¥110 per dolar. Karena itu, pada 27 Juli, Computer Parts membayar pihak bank ¥52 juta/(¥110/$) = $ 481.818 dan menerima ¥53 juta, yang dapat digunakan untuk membayar pemasok Jepangnya. Dengan melakukan forward untuk menukar $ 481.818 dengan ¥53 juta, biaya dolarnya terkunci. Perhatikan bahwa jika perusahaan belum menggunakan kontrak forward untuk melindungi diri dan dolar terdepresiasi selama periode ini, perusahaan harus membayar jumlah niai dolar yang lebih besar. Misalnya, jika dolar terdepresiasi menjadi ¥100/dolar, perusahaan harus menukarkan $530.000 dengan ¥53 juta yang diperlukan untuk membayar tagihannya (Marcus, 2006). d. Swap Adalah pengaturan oleh kedua belah pihak untuk menukar suatu aliran arus kas untuk aliran lainnya. Swap tingkat bunga, perusahaan akan membayar atau menukar swap pembayaran tetap untuk pembayaran lain yang terikat pada tingkat bunga. Swap adalah perjanjian antara dua pihak untuk saling menukar aliran (arus) kas (cash flow) secara periodik selama periode tertentu pada masa mendatang menurut aturan yang disepakati. Misalkan, swap antara A dan B. Fixed-for-floating swap mengharuskan A membayar aliran kas secara periodik berdasarkan suku bunga tetap sebesar 5,5 persen dari 100 (USD) kepada B, sedangkan B membayar berdasarkan suku bunga mengambang tertentu kepada A. Selanjutnya, A menerima suku bunga mengambang dan membayar suku bunga tetap. Sebaliknya, B menerima suku bunga tetap dan membayar suku bunga mengambang. Angka acuan 100 (USD) disebut notional swap. Pada swap suku bunga nilai notional bagi A dan B adalah sama, yaitu 100, oleh karena itu, notional tidak perlu dipertukarkan pada akhir periode swap. (Sunaryo, Manajemen Risiko Finansial, 2009). Keuntungan melakukan Hedging Hedging memberikan beberapa keuntungan ekonomis baik untuk pihak produsen, pabrikan, prosessor, eksportir, maupun konsumen (BAPPEBTI, 1997) sebagai berikut: 16
Image of page 16
a. Hedging merupakan sarana untuk mengurangi atau meminimalkan risiko harga apabila terjadi perubahan harga yang tidak sesuai dengan yang diperkirakan, disebut “risk insrance”.
Image of page 17

Subscribe to view the full document.

Image of page 18
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes