Table 412 analisa orientasi bangunan arsitektur jawa

This preview shows page 31 - 34 out of 54 pages.

Table 4.12. Analisa orientasi bangunan Arsitektur Jawa Arsitektur Hindu Masjid Sulthoni Plosokuning Orientasi Pajupat Orientasi Mandala Menghadap kearah kiblat (Ka’bah) yang terletak di sebelah barat Indonesia. Hal ini berkenaan dengan fungsinya sebagai tempat beribadah umat Islam. 4.6. Tatanan massa bangunan Kompleks masjid ini memiliki beberapa bangunan di dalamnya, yang berfungsi sebagai bangunan utama terletak pada bagian tengah namun sedikit ke kiri kompleks, pada bagian kanan kompleks terdapat bangunan taman kanak-kanak yang merupakan fasilitas
Image of page 31

Subscribe to view the full document.

27 tambahan (tahun 2005). Pada bagian barat kompleks terdapat pemakaman Islam yang memiliki massa-massa kecil naungan beberapa makam yang dianggap suci. Konsep Monca Pat yang mempengaruhi hirarki bangunan secara dua dimensi sebagai denah, dimana pada bagian tengah dari bujur sangkar merupakan bagian terpenting. Hal ini terlihat dari bagian tengah padabangunan dengan gaya Arsitektur Jawa merupakan bangunan yang paling penting. Dalam skala yang lebih kecil, ruang yang berada di tengah denah, yakni sentong tengah , memiliki hierarki tertinggi dengan fungsi pemujaan. Selain konsep memusat, konsep dualise dan simetri juga terdapat pada gaya Arsitektur Jawa. Dualisme ruang menurut pandangan masyarakat Jawa, seperti kanan - kiri, depan - belakang, atas - bawah, utara -selatan dan lainnya merupakan ekspresi dari sikap dan orientasi ruang. Teori pasangan ini juga tercermin dalam arsitektur dalam wujud bentuk susunan ruang yang simetri berdasarkan hirarki ruangnya (Fauzy, 2013). Bentuk bujur sangkar yang tercermin pada denah dan tapak arsitektur Hindu, berasal dari konsep Mandala . Mandala dalam Bahasa sansekerta berarti lingkaran atau merupakan ruang yang digunakan sebagai pusat dalam pelaksanaan ritual. Meskipun menyatakan citra lingkaran/perputaran tetapi bentuk Mandala adalah persegi (Rahadian, 1999). Masjid ini memiliki denah yang simetris dan terletak di tengah tapak, yang menunjukkan peletakan massa bangunan masjid memakai konsep Monca Pat dari gaya arsitektur Jawa. Konsep simetri pada bangunan masjid, selain menganut konsep dualisme dalam gaya arsitektur Jawa, merupakan bentuk korelasi antara bangunan dengan fungsi, bertujuan untuk memudahkan proses sholat berjamaah. Bentuk denah yang bujur sangkar kearah kiblat merupakan salah satu bentuk efisiensi ruang yang diterapkan pada masjid. Tabel 4.13. Gambar denah terpusat masjid Gambar 4.16. Denah terpusat bangunan masjid
Image of page 32
28 Dalam kaidah membangun masjid, disebutkan bahwa bentuk bujur sangkar membuat arah kiblat menjadi lemah karena bentuk yang cenderung memusat itu akan menimbulkan kesan ke atas yang kuat, hal ini menimbulkan paradoks dengan arah kiblat yang semestinya ditekankan. Atas dasar kaidah ini pengembangan masjid berupa pembangunan pawestren diletakkan pada bagian kanan dan kiri ruang utama, sehingga bentuk dasar dari ruang ini tidak murni berbentuk bujur sangkar.
Image of page 33

Subscribe to view the full document.

Image of page 34
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes