3 permukaan gigi dan poket dapat mempunyai kedalaman yang berbeda dan jenis

3 permukaan gigi dan poket dapat mempunyai kedalaman

This preview shows page 2 - 4 out of 7 pages.

3 permukaan gigi, dan poket dapat mempunyai kedalaman yang berbeda dan jenis yang berbeda pada permukaan yang berbeda dari gigi yang sama dan pada permukaan aproksimal dari interdental yang sama. Kedalaman poket juga dapat berbentuk spiral (yaitu, berasal dari satu gigi permukaan dan memutar di sekitar gigi untuk melibatkan satu atau lebih permukaan). 3,4 Pengurangan atau eliminasi poket periodontal terbatas pada jaringan gingiva saja dan tidak melibatkan struktur tulang yang mendasarinya, tanpa penggunaan operasi flap, dapat diklasifikasikan sebagai kuretase gingiva. Definisi kuretase Kata kuretase dalam periodontik berarti scraping dinding gingiva dari poket periodontal untuk meniadakan sakit ringan pada jaringan. 3 Prosedur kuretase adalah operasi tertutup dengan tujuan mereduksi poket, mengeliminasi, memperbaiki perlekatan atau membuat perlekatan baru. Scaling adalah pengambilan deposit dari permukaan akar, sedangkan root planning adalah membersihkan akar untuk menghilangkan jaringan yang terinfeksi dan substansi gigi yang nekrotik. Scaling dan root planing secara tidak sengaja dapat mencakup berbagai tingkat kuretase. Namun prosedurnya berbeda dengan alasan-alasan yang berbeda dan indikasi. Keduanya harus dipertimbangkan bagian yang terpisah dari terapi poket periodontal. Kuretase gingiva adalah penghapusan jaringan lunak meradang lateral dinding poket dan epitel junctional. Kuretase subgingiva mengacu prosedur yang dilakukan dari apikal pada epitel junctional sampai jaringan ikat di tulang koronal. Hal ini juga harus dipahami bahwa beberapa derajat kuretase adalah dicapai tidak sengaja selama scaling dan root planing dan disebut curettage inadvertent . kuretase secara umum juga merupakam upaya atau cara untuk mengurangi poket yang dalam dengan cara membuat penyusutan gingiva sebagai prosedur terpisah untuk mengurangi kedalaman poket olehmeningkatkan susut gingiva, perlekatan jaringan ikat baru, atau keduanya. 3 Gambar 1 Gingival poket, supraboni poket dan infraboni poket. 4 Gambar 2 Klasifikasi poket berdasarkan aspek permukaan gigi yang terkena 4 Gambar 3 Kuretase. 6
Image of page 2
Maisaroh Dinyati & Andi Mardiana Adam : Kuretase gingiva sebagai perawatan poket periodontal 60 Manfaat atau tujuan dari kuretase secara umum adalah membuat perlekatan baru terutama pada infrabony pocket, mengeliminasi gingival poket, memperbaiki gingiva menjadi sehat baik warna, kontur, konsistensi dan tekstur permukaan. Alasan kuretase menyelesaikan keadaan peradangan kronis dan jaringan granulasi yang terbentuk di dinding lateral poket periodontal. Jaringan ini terdiri atas, selain komponen biasa granulasi jaringan (misalnya, fibroblastik dan proliferasi angioblastik), memiliki daerah peradangan kronis, dan juga mungkin berisi potongan kalkulus yang terlepas dan koloni bakteri.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 7 pages?

  • Spring '20

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors