3 Jelaskan alur pikir komprehemsif diagnosa organisasi Berikan contoh hasil

3 jelaskan alur pikir komprehemsif diagnosa

This preview shows page 60 - 62 out of 71 pages.

3. Jelaskan alur pikir komprehemsif diagnosa organisasi. Berikan contoh hasil diagnosanya. 4. Jelaskan beberapa contoh teknik analisa manajemen berikut elemen-elemennya. O. Rangkuman Berikut beberapa kesimpulan materi diagnosa organisasi: 1. Diagnosa organisasi secara umum merupakan aktivitas atau upaya untuk memahami suatu organisasi secara tepat, jika cara pandang atau niat melakukan diagnosa tidak untuk kepentingan untuk membangun organisasi dari kinerja buruk menjadi berkinerja baik, dan dari kinerja baik menjadi berkinerja tinggi, maka dapat dipastikan upaya diagnosa organisasi tersebut tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan. 2. Diagnosa organisasi merupakan upaya melakukan penilaian terhadap kondisi fungsi-fungsi organisasi sesuai dengan jenjang jabatannya dalam rangka merancang perubahan secara tepat ( organizational diagnosis, involves diagnosing or assessing an o rganization’s current level of functioning in order to design appropriate change interventions ) 3. Diagnosa Organisasi secara harfiah berarti membaca, melihat, mengamati, atau menganalisa yang sifat mendiagnosa untuk mencari tahu lebih dalam atau tajam apa yang sedang terjadi, mengapa, dan sebagainya. Menurut mereka, diagnosa organisasi memerlukan kegiatan mendiagnosa dan menilai kinerja suatu organisasi untuk merumuskan tindakan perbaikan. 4. Tujuan mendiagnosa adalah menemukan secara tepat permasalahan dalam organisasi termasuk mengetahui faktor- faktor penyebab terjadinya permasalahan tersebut dan merumuskan solusinya. Permasalahan organisasi tidak hanya
Image of page 60
55 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dirasakan oleh pimpinan dan pegawai (internal) organisasi dan juga yang lebih penting pandangan dari eksternal (mitra kerja, klien, atau stakeholders lainnya). 5. Mendiagnosa oganisasi dapat diawali dengan menggunakan analisa sistem organisasi, yang mencakup tahapan input , proses dan output serta pengaruh lingkungan eksternal. Dalam input dan proses terdapat unsur-unsur atau elemen- elemen organisasi, yang secara umum mencakup 5 M ( man, money, materials, machine, methode) dan market ), atau nama- nama unsur lainnya dengan jumlah yang berbeda sesuai pendapat masing-masing ahli. 6. Kesalahan mendiagnosa tidak hanya membuat masalah tidak dapat diselesaikan, tapi dapat memperumit masalah dan bahkan dapat menimbulkan masalah baru. 7. Alur pikir komprehensif bertujuan untuk memudahkan analisa logis atau sebab akibat dari permasalahan organisasi, untuk dituangkan dalam rencanarencana aksi peserta. 8. Untuk melakukan perubahan, terdapat tahapan atau proses yang diawali dengan identifikasi permasalahan; yang merupakan bagian deri diagnosa organisasi. 9. Banyak teknik-teknik analisa manajemen yang dapat digunakan untuk mendiagnosa organisasi, namun tidak ada teknik yang sempurna yang dapat digunakan untuk semua masalah atau semua organisasi. Jika dianggap perlu, kita dapat menggunakan lebih dari satu teknik analisis manajemen.
Image of page 61
Image of page 62

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 71 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors